Info

Positif Terinfeksi Virus Corona, Dua Pasien Ini Tidak Alami Gejala Awal

Dua pasien asal China di Perancis tidak mengalami gejala awal apapun sebelum terdiagnosis positif virus corona.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi pasien virus corona (Unplash/rawpixel)
Ilustrasi pasien virus corona (Unplash/rawpixel)

Himedik.com - Sebanyak 56 orang sudah meninggal akibat virus corona Wuhan, China. Bahkan virus mematikan ini semakin banyak menyebar di negara-negara lain di luar China, termasuk Perancis.

Dua dari tiga warga negara China di Perancis telah didiganosis dengan virus corona Wuhan. Tetapi, pasien positif virus corona di Perancis ini tidak menunjukkan gejala apapun.

Tiga hari lalu, Perancis mengonfirmasi tiga kasus virus corona pertama di Eropa, dua pasien menjalani perawatan di Paris dan satunya di Bordeux. Hari berikutnya, Kementerian Kesehatan pun melaporkan tidak ditemukan kasus virus corona lagi tetapi tiga orang ini masih dalam pemantauan.

Para pejabat kesehatan mengatakan bahwa dua pasien yang menjalani perawatan di Paris adalah pasangan dari China yang tiba di Perancis pada 18 Januari 2020. Saat itu, mereka belum menunjukkan gejala apapun sampai akhirnya masing-masing menunjukkan gejala pada 19 dan 23 Januari 2020.

"Mereka tidak menunjukkan gejala virus corona apapun ketika naik pesawat dan tiba di Perancis," kata Yazdan Yazdanpanah, kepala penyakit menular di rumah sakit Paris Bichat, dikutip dari reuters.com.

Ilustrasi wabah virus corona (coronavirus). (Shutterstock)
Ilustrasi wabah virus corona (coronavirus). (Shutterstock)

Pasien satu lainnya di Bordeux adalah seorang pria China usia 48 tahun yang bekerja di industri anggur Perancis. Awalnya, ia naik pesawat dari Wuhan ke Belanda, lalu ke Perancis.

Lelaki itu mulai masuk ke Perancis pada 22 Januari 2020. Pertama kali datang, ia berkonsultasi dengan dokter mengenai gejalanya pada 23 Januari 2020. Akhirnya, ia baru didiagnosis terinfeksi virus corona pada 24 Januari 2020.

Artinya, pasien tidak langsung menunjukkan gejala ketika pertama kali terinfeksi virus corona. Hal ini pun menjadi garis bawah untuk membatasi kedatangan penumpang dari China.

Karena itu, bandara di sejumlah negara memberlakukan pengukuran suhu tubuh penumpang pesawat yang berasal dari China. Tetapi, Perancis tidak pernah melakukan metode ini.

Virus corona atau coronavirus. (Shutterstock)
Virus corona atau coronavirus. (Shutterstock)

Kementerian luar negeri Perancis justru memberikan opsi agar warga negaranya meninggalkan Wuhan dan semua penerbangan dari atau ke China dibatalkan.

Seperti yang dikabarkan oleh BBC, masa inkubasi virus corona sekitar 14 hari. Masa inkubasi adalah istilah kedokteran untuk mengatakan rentang waktu antara pertama kali orang terinfeksi hingga menunjukkan gejala.

Dalam hal ini, orang yang terinfeksi virus corona memang tidak langsung menunjukkan gejala hingga masa inkubasi berakhir.

Berita Terkait

Berita Terkini