Info

Ditendang Keledai, Kanker Menyebar dan Testis Pria Ini Harus Diangkat

Setelah ditendang, ada benjolan di area testis.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi testis. (Pixabay)
Ilustrasi testis. (Pixabay)

Himedik.com - Pria berusia 53 tahun yang tidak disebutkan namanya, harus menjalani pembedahan testis saat menjalani kemoterapi untuk kanker usus besar.

Dilansir dari Daily Mail, dokter di Iowa City menemukan massa selama pemindaian setelah pasien melaporkan adanya benjolan pada skrotumnya.

Benjolan itu sudah ada di sana sejak pria itu ditendang oleh bagal (peranakan keledai) pada usia 33 tahun. Tetapi dia mengatakan benjolan itu baru tumbuh pesat pada tahun lalu.

Ahli bedah menemukan tumor sebagian besar pada epididimis pria, tabung yang mengangkut sperma keluar dari testis.

Adalah normal untuk kanker usus menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh limfatik, bagian dari sistem kekebalan yang berjalan di seluruh tubuh.

Kasus-kasus kanker yang 'tidak biasa' menyebar seperti ini termasuk kondisi langka karena hanya dilaporkan lima kali dalam literatur medis.

Ilustrasi kesehatan organ reproduksi lelaki. (sumber: Medic Magic)
Ilustrasi kesehatan organ reproduksi lelaki. (sumber: Medic Magic)

Menulis di jurnal medis BMJ Case Reports, ahli urologi dr. Moshe Wald di University of Iowa mengatakan kasus khusus pria itu 'unik'.

Awalnya ria tersebut pergi ke sebuah klinik pada Juni 2018 khawatir tentang benjolan di skrotum kanannya yang semakin besar dalam satu tahun terakhir.

Benjolan sudah ada di sana selama hampir 20 tahun tanpa menimbulkan rasa sakit atau masalah, kata pria itu. Pemindaian pun menunjukkan tumor 1,1 cm (0,4 in) di pangkal testisnya selama pemindaian yang pada awalnya diyakini jinak (non-kanker).

Namun, pada pemeriksaan tiga bulan kemudian, pemindaian bagian dalam testisnya menunjukkan jaringan abnormal tumbuh. Menjadi jelas itu adalah infeksi atau kanker.

Kanker usus besar (kolorektal). (Shutterstock)
Kanker usus besar (kolorektal). (Shutterstock)

Setelah pembicaraan panjang lebar, pasien akhirnya setuju untuk membiarkan dokter melihat lebih dekat dengan operasi di antara sesi kemoterapi.

Mereka mengambil biopsi massa, yang mengkonfirmasi adenokarsinoma, kanker yang terbentuk pada kelenjar yang mengeluarkan lendir.

Berdasarkan hasil, pria itu harus merelakan testis sebelah kanannya diangkat. Dr. Wald mengatakan kanker telah menyebar dari usus, yang merupakan kondisi sangat jarang. Sebelumnya kanker telah dilaporkan menyebar ke testis dari lambung dan organ pencernaan lainnya juga.

Dr. Wald mengatakan perubahan pasca-trauma setelah tendangan bagal dimungkinkan, terutama pada sistem limfatik.

Penyebaran kanker usus besar melalui pembuluh limfatik cukup normal, kata dr. Wald, meskipun jarang memengaruhi testis atau penis.

Dr. Wald mengatakan, "Pasien pulih dengan baik dari operasi dan melanjutkan perawatan kanker usus besar metastasisnya per tim onkologi medis."

Berita Terkait

Berita Terkini