Info

Mitos atau Fakta, Makan Bawang Putih Bisa Cegah Infeksi Virus Corona?

Hingga kini beragam metode digunakan untuk mengobati pasien virus corona.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi makan bawang putih. (Shutterstock)
Ilustrasi makan bawang putih. (Shutterstock)

Himedik.com - Mewabahnya virus Corona baru dari Wuhan atau 2019-nCoV membuat masyarakat mulai mawas diri pada upaya pencegahannya.

Sayangnya, tidak semua informasi yang berkembang terkait pencegahan virus Corona Wuhan benar dan tepat sasaran. Salah satu yang beredar adalah makan bawang putih yang disebut-sebut bisa mencegah infeksi virus Corona. Benarkah demikian?

Dilansir dari situs resminya, WHO menyebut meski bawang putih merupakan makanan sehat dan memiliki sifat antimikroba, makan bawang putih bukanlah langkah pencegahan virus Corona yang tepat.

"Tidak ada bukti yang menunjukkan makan bawang putih dapat melindungi orang dari wabah virus Corona baru ini," tulis WHO, dilansir Medical Daily.

Hingga kini, beragam metode digunakan untuk mengobati pasien virus Corona. Meski begitu, WHO belum menetapkan obat resmi yang memiliki efektivitas tinggi mengatasi penyakit ini.

Data terkini yang dilaporkan Channel News Asia menyebut sudah lebih dari 30 ribu kasus positif virus Corona dilaporkan, dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai 636 orang.

Makan bawang putih bisa cegah virus Corona, mitos atau fakta? (Dok. WHO)
Makan bawang putih bisa cegah virus Corona, mitos atau fakta? (Dok. WHO)

Kasus infeksi positif virus Corona Wuhan terbaru ditemukan di Swedia dan Sri Lanka. Di sisi lain, belum ditemukan adanya korban meninggal baru di luar China, selain Hong Kong dan Filipina yang dilaporkan beberapa hari lalu.

Jepang masih menjadi negara dengan kasus terbanyak selain China, mencapai 86 orang. 5 Kasus baru dilaporkan oleh otoritas kesehatan Singapura, menjadikan total kasus mencapai 30 orang.

Thailand, Hong Kong, dan Korea Selatan masih mewaspadai adanya kemungkinan penyebaran lain, setelah sejumlah warganya dilaporkan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit.

(M. Reza Sulaiman)

Berita Terkait

Berita Terkini