Info

Dianggap Bisa Mematikan Virus Corona, Begini Penjelasan Resmi Dettol

Produsen Dettol menegaskan belum ada bukti kalau produknya bisa mematikan virus corona Wuhan.

Yasinta Rahmawati

Dettol hand sanitizer. (Dettol)
Dettol hand sanitizer. (Dettol)

Himedik.com - Banyak orang mengira Dettol Surface Cleanser spray bisa mematikan virus di tengah kasus wabah virus corona dari Wuhan, China.

Dettol telah memeringatkan tidak ada bukti bahwa Dettol Surface Cleanser spray itu tidak bisa membunuh virus corona Wuhan yang mematikan. Meskipun label pada kemasannya tertulis bisa membunuh virus.

Seorang pembeli lantas membagikan tulisan yang tertera dalam produk Dettol Surface Cleanser spray tersebut. Ia pun menyoroti tentang manfaatnya yang membunuh coronavirus.

"Membunuh e. coli, salmonella, MRSA, rotavirus, virus flu, virus dingin, human coronavirus dan RSV. Bagaimana mereka (produsen Dettol) tahu tentang virus corona itu sejak tahun 2019?" tulis sang pembeli dikutip dari The Sun.

Produsen Dettol pun berusaha menglarifikasi bahwa pihaknya tidak menyarankan dan menjajikan produknya efektif dalam membunuh virus corona Wuhan.

Dettol Surface Cleanser Spray diduga bisa membunuh virus corona (Instagram/@jwescience)
Dettol Surface Cleanser Spray diduga bisa membunuh virus corona (Instagram/@jwescience)

Mereka lantas menjelaskan bahwa manfaat yang tertulis di produknya mengarah pada jenis bug lebih umum yang telah diuji dan terbukti ampuh.

"Produsen telah menyadari spekulasi tentang produk Dettol dan novel 2019-nCoV coronavirus. Tetapi, Dettol belum memiliki akses ke virus baru (2019-nCoV) untuk pengujian. Sehingga belum mengetahui tingkat efektivitas dalam membunuh virus corona terbaru," jelas produsen Dettol.

Mereka juga menjelaskan bahwa produknya telah diuji terhadap virus corona lain, seperti MERS-CoV dan SARS CoV. Bahkan Dettol spray telah terbukti bisa membunuh virus-virus tersebut.

Tetapi, produsen akan mencari tahu produknya efektif dan ampuh membunuh virus corona jenis baru dari Wuhan ini atau tidak.

Sementara itu, Paul Hunter, Profesor perlindungan kesehatan dan obat-obatan mengatakan kalau bahan aktif Dettol adalah kloroksilenol yang merupakan desinfektan.

"Kloroksilenol aktif terhadap berbagai virus dan bakteri termasuk coronavirus. Penggunaannya sebagai desinfektan bisa disemprotkan pada permukaan benda mati atau dimasukkan ke dalam sabun," kata Paul Hunter.

Tetapi, Paul Hunter belum tahu Dettol Surface Cleanser spray lebih efektif daripada pembersih standar dan cuci tangan dengan sabun atau tidak.

Berita Terkait

Berita Terkini