Kamis, 02 April 2020

Masker Bedah Punya Tanggal Kedaluwarsa, Cek Dulu Kondisinya sebelum Dipakai

Dokter mengatakan bahwa masker bedah masih bisa diakai meski telah melewati tanggal kedaluwarsa, asalkan penyimpanannya benar.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Anak-anak mengenakan masker bedah (Pexels/Janko Ferlic)
Anak-anak mengenakan masker bedah (Pexels/Janko Ferlic)

Himedik.com - Saat membeli satu kotak masker wajah atau masker bedah, pasti ada tanggal kedaluwarsa yang tertera di bagian samping kemasannya.

Anda mungkin akan bertanya-tanya bagaimana masker bedah yang merupakan benda mati bisa kedaluwarsa. Ada pula yang mungkin berpikir mengenai dampaknya.

Menurut laporan China Press dikutip oleh World of Buzz, tanggal kedaluwarsa pada bungkus ini menandakan masker bedah tidak bisa digunakan atau disimpan seumur hidup. Tapi, masker bedah tetap bisa bertahan lebih lama dari yang dipikirkan banyak orang.

Dalam sebuah wawancara harian China, dokter membenarkan bahwa setiap produk masker bedah tertera tanggal kedaluwarsanya di bagian samping.

Tetapi, dokter mengungkapkan bahwa tanggal kedaluwarsa ini bertindak sebagai pengingat pencegahan kepada konsumennya, bukan mengacu pada tanggal kedaluwarsa masker bedahnya.

Pembeli memilih masker di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (05/02). [Suara.com/Alfian Winanto]
Masker bedah. [Suara.com/Alfian Winanto]

Artinya, masker bedah masih bisa digunakan selama tersimpan dengan baik di tempat yang aman, jauh dari kelembapan dan masih tersegel baik.

Bahkan masker bedah yang tersimpan dengan baik masih efektif digunakan meskipun sudah melewati tanggal kedaluwarsa.

Meski begitu, Anda masih perlu memastikan bahwa masker bedah tidak lembap, sobek atau terkontaminasi dengan apapun sebelum digunakan.

Echo Favor pun mengatakan penyimpanan masker bedah bersamaan dengan kemasan aslinya dapat memperpanjang umur simpannya.

Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi jika masker bedah sudah melewati masa kedaluwarsa. Anda masih bisa memakainya jika masker bedah masih terlihat baik, tidak sobek, basah dan tidak terkontaminasi.

Terkait

Terkini