Info

Waduh, Orang yang Suka Bohong dan Mencuri Punya Ukuran Otak Lebih Kecil

Ukuran otak kecil ini terjadi pada mereka yang memiliki sifat buruk sampai dewasa.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi otak - (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi otak - (Pixabay/PublicDomainPictures)

Himedik.com - Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa yang suka bohong, berperilaku kasar atau mencuri biasanya memiliki ukuran otak yang lebih kecil.

Hasil pemindaian menunjukkan bahwa mereka memiliki lapisan luar yang lebih tipis dan area permukaan lebih kecil di daerah yang terkait dengan perilaku buruknya.

Tetapi, pengurangan otak atau otak ukuran kecil ini hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat buruk itu sampai tumbuh dewasa.

Dr. Christina Carlisi dari University College London mengatakan perilaku anti-sosial mungkin menyebabkan perbedaan struktur otak. Sehingga mereka sulit untuk mengembangkan keterampilan sosial.

"Orang-orang seperti ini dapat memeroleh manfaat dari banyaknya dukungan di kehidupan mereka. Orang-orang inilah yang harusnya mampu melakukan reformasi dan menjadi anggota masyarakat yang berharga," jelasnya dikutip dari The Sun.

Ilustrasi otak. (Pixabay)
Ilustrasi otak. (Pixabay)

Penelitian mengenai ukuran otak orang dengan sifat buruk ini menggunakan scan MRI dari 672 orang berusia 45 tahun dan ditambah data informasi peserta dari usia 7 tahun hingga 26 tahun.

Hasilnya, sebanyak 80 persen memiliki masalah seumur hidupnya hingga dewasa dan 151 hanya memiliki masalah ketika remaja saja.

Kelompok pertama juga memiliki ukuran otak yang lebih kecil, tetapi belum diketahui penyebabnya, baik dari penyalahgunaan zat terlarang, IQ rendah atau masalah kesehatan mental.

Intinya, orang yang memiliki perilaku sosial buruk, seperti mencuri, berbohong dan lainnya memiliki ukuran otak lebih kecil daripada yang tidak.

Berita Terkait

Berita Terkini