Kamis, 02 April 2020

Berbeda dengan Si Sulung dan Si Bungsu, Ini 5 Kelebihan Anak Tengah!

Anak tengah kadang kurang mendapat perhatian.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
ilustrasi anak tengah (appletreebsd.com)
ilustrasi anak tengah (appletreebsd.com)

Himedik.com - Anak tengah mungkin sering terabaikan keberadaannya. Padahal anak tengah memiliki keistimewaan yang mungkin tidak dimiliki oleh si sulung dan si bungsu.

Sebuah studi yang dilansir oleh Times of India, pun mengklaim bahwa anak tengah lebih siap untuk berhasil dalam kehidupan profesional maupun pribadi.

Berikut ini beberapa keistimewaan anak tengah yang membuat lebih pintar dan siap mental, antara lain:

1. Anak tengah lebih diplomatik

Anak sulung memang memimpin di dalam keluarga, sedangkan anak bungsu biasanya lebih suka mencari simpati agar dituruti keinginannya.

Tetapi, anak tengah sering terlihat bergulat untuk mendapatkan perhatian. Hasilnya, mereka menjadi lebih sabar dan diplomatis yang merupakan kunci untuk bertahan hidup.

2. Anak tengah adalah pemain tim

Anak tengah sudah pasti terlahir dengan kondisi harus berbagi dengan ruang, waktu dan kasih sayang orangtua dengan kakaknya, bahkan adiknya. Kondisi ini membuat mereka lebih baik ketika berada di dalam kelompok.

Ilustrasi anak sulung, tengah dan bungsu. (Unsplash/rahmani KRESNA)
Ilustrasi anak sulung, tengah dan bungsu. (Unsplash/rahmani KRESNA)

3. Anak tengah tidak terlalu egois

Anak tengah juga tidak terlalu egois jika dibandingkan dengan anak sulung dan bungsu. Karena, mereka sudah terbiasa tidak terlalu banyak mendapat perhatian di rumah.

Sehingga mereka belajar untuk bertahan hidup dan membuatnya lebih mampu bertahan hidup dalam kondisi sulit daripada anak sulung atau bungsu.

4. Anak tengah memiliki kualitas kepemimpinan

Anak tengah akan memandang anak yang lebih tua di keluarganya sebagai panutan bagi yang muda. Pandangan ini membantu mengembangkan keterampilan mereka, seperti negosiasi, empati sekaligus fleksibilitas.

5. Anak tengah adalah teman yang baik

Karena kurang mendapat perhatian di rumah, anak tengah bisa menjadi sosok teman yang baik jika menemukan kenyamanannya. Bahkan mereka mungkin saja memandang persahabatannya sebagai keluarga.

Terkait

Terkini