Kamis, 02 April 2020

Cara Mencuci Tangan Ideal untuk Mencegah Virus Corona Covid-19

Disarankan mencuci tangan sambil menyanyikan dalam hati lagu Selamat Ulang Tahun sebanyak dua kali.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi mencuci tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi mencuci tangan. (Shutterstock)

Himedik.com - Virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 terus menyebar dan menginfeksi lebih dari 75.000 orang di dunia, di mana lebih dari 2000 orang meninggal. Meski demikian, dilaporkan ada peningkatan jumlah pasien yang sembuh mencapai lebih dari 14.000 ribu orang.

Meski demikian, upaya untuk menghindari penyebaran virus lebih lanjut perlu dilakukan. Tindakan pencegahan paling mudah adalah dengan mencuci tangan.

Dilansir dari Asia One yang mengutip HuffPost, virus dapat menyebar ketika tetesan cairan tubuh yang terinfeksi, seperti air liur atau lendir, tersebar melalui udara atau ke permukaan.

Seperti halnya virus atau serangga musim dingin, satu cara pasti untuk membunuh kuman adalah dengan mencuci tangan, dan memastikan Anda mencucinya cukup lama.

Menurut National Health Service Inggris, Anda harus mencuci tangan dengan air hangat dan sabun selama sekitar 20 detik, jumlah waktu yang sama ketika menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun dua kali.

Ilustrasi mencuci tangan. (Pixabay)
Ilustrasi mencuci tangan. (Pixabay)

Dianjurkan untuk menggunakan sabun cukup banyak, yakni sekitar tiga pompa. Tangan pun harus digosok dengan cepat sambil memastikan punggung tangan dan jari-jari bagian dalam tercuci.

Jika tidak ada sabun, hand sanitizer bisa dipakai sebagai alternatif pembersih kuman.

Selain mencuci tangan, disarankan juga untuk menutupi wajah dengan tisu atau siku saat bersin dan batuk. Hindari pula kontak langsung dengan hewan yang dapat membawa virus.

Terkait

Terkini