Kamis, 02 April 2020

Kurangi Penderita Katarak, RSUP Dr Sardjito Gelar Operasi Gratis

Ini juga dilaksanakan dalam rangka dies natalis ke-74 FK-KMK UGM, ke-38 RSUP Dr. Sardjito, ke-8 RSA UGM, dan ke-92 RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Ilustrasi operasi katarak. (shutterstock)
Ilustrasi operasi katarak. (shutterstock)

Himedik.com - Katarak masih menjadi salah satu penyebab kebutaan nomor satu di dunia dan di Indonesia. Berdasarkan Depkes RI 1996, sebanyak 1,5% penduduk di Indonesia mengalami kebutaan.

Prevalensi buta akibat katarak pun sebanyak 0,78%. Sedangkan menurut data terbaru 2013, prevalensi katarak untuk semua umur adalah 1,8%.

Untuk mengurangi jumlah penderita katarak, RSUP Dr. Sardjito mengadakan kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, pada Kamis dan Jumat (27-28/2/2020) di RS Nyi Ageng Serang, Sentolo, Kulon Progo.

"Jangan sampai Jogja, orang buta katarak itu, terbengkalai lah. Harus kita bantu. Soalnya kalau operasi di rumah sakit menghabiskan 4 juta," tutur dokter spesialis mata konsultan, Prof. Suhardjo, SpM (K), saat ditemui di RSUP Dr. Sardjito, Selasa (25/2/2020).

Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka dies natalis ke-74 FK-KMK UGM, ke-38 RSUP Dr. Sardjito, ke-8 RSA UGM, dan ke-92 RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro.

Prof. Suhardjo, SpM (K) di RSUP Dr. Sardjito (Himedik/Rosiana)
Prof. Suhardjo, SpM (K) di RSUP Dr. Sardjito (Himedik/Rosiana)

Prof. Suhardjo menambahkan, perkiraan target pasien yang akan mengikuti operasi katarak gratis mencapai 75 orang.

Jika ternyata pasien yang mendaftar melebihi jumlah tersebut, RSUP Dr. Sardjito akan meminta bantuan dari Sido Muncul, sebagai partner kerja sama dalam bakti sosial ini.

"Nanti kalau bisa lebih nanti kita mintakan pada Sido Muncul," tambahnya.

Pasien kegiatan ini tidak terbatas wilayah Kulon Progo saja, artinya semua kalangan masyarakat dapat mendaftar.

"Semua warga boleh mendaftar, Sleman juga boleh," lanjutnya.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dibarengi dengan Operasi Bibir Sumbing Gratis yang akan dilakukan oleh ahli bedah plastik.

Pada Minggu, (1/3/2020) yang akan datang pun, RSUP Dr. Sardjito akan mengadakan Operasi Pterygium dan Pembagian Kacamata Pelindung Gratis, di Puskesmas Paliyan, Gunung Kidul bekerja sama dengan Baznas dengan target 50 pasien.

Terkait

Terkini