Info

5 langkah Sederhana Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Bisa Dilakukan di Rumah

Anda bisa melakukan teknik ini di rumah tanpa obat.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Cek tensi - (Pixabay/rawpixel)
Cek tensi - (Pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi yang bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan lainnya, contohnya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung.

Orang sehat bisa memiliki tekanan darah tinggi jika mengalami stres, kurang tidur dan kurang aktivitas fisik. Dalam hal ini, seseorang tidak perlu panik atau mencari obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Karena dilansir oleh Bright Side, ada teknik sederhana lainnya yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa melakukan teknik di rumah tanpa obat. Caranya cukup lakukan 5 langkah ini di rumah.

1. Memijat telinga dan leher

Ada 3 titik di kepala dan leher yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Titik pertama berada di belakang daun telinga Anda dan titik kedua berada di tengah tulang selangka.

Pijatlah kedua titik di area kepala dan leher itu menggunakan jari-jari Anda. Caranya pijat lembut titik kedua lalu tarik ke atas di titik pertama. Ulangi cara ini sebanyak 10 kali.

Titik ketiga terletak di wajah Anda setinggi daun telinga, yakni sekitar 1/2 cm dari telinga. Pijatlah kedua sisi dengan ujung jari Anda selama satu menit dengan gerakan berlawanan arah jarum jam.

Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]
Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]

2. Latih pernapasan lubang hidung kiri

Pernapasan perut bagian dalam lubang hidung kiri akan membantu Anda mengontrol tingkat tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh darah Anda dan mengurangi hormon stres.

3. Minumlah segelas air

Dalam beberapa kasus, tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh dehidasi. Ketika tubuh kekurangan air, volume darah dalam tubuh akan turun dan tekanan darah naik.

Cara mengatasinya, minumlah segelas atau 2 air murni setiap kali merasakan gejala hipertensi. Kemudian tunggulah beberapa menit.

4. Rendam kaki dalam air panas

Merendam kaki dalam air panas atau hangat bisa membantu menarik darah turun ke kaki, sehingga tekanan darah perlahan akan kembali normal.

Caranya, ambil isi ember atau baskom dengan air panas yang masih bisa ditoleransi. Lalu rendam kaki dan tangan dalam posisi duduk. Jangan lupa kompres bagian belakang leher menggunakan es.

5. Akupresur

Titik akupresur paling efektif untuk perawatan tekanan darah tinggi. Caranya, letakkan kedua ibu jari di pangkal tengkorak Anda. PIjatlah perlahan selama 2 menit agar sakit kepala akibat darah tinggi jauh lebih baik.

Berita Terkait

Berita Terkini