Info

Berkaca dari Oding Nasution, Jangan Sepelekan 5 Gejala Penyakit Ginjal!

Penyakit ginjal bisa menyerang siapa saja dari segala usia, karena salah satu faktornya adalah gaya hidup.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi cuci darah (Suara.com/Shutterstock)
Ilustrasi cuci darah (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Kabar meninggalnya musisi senior Oding Nasution karena penyakit ginjal pada Kamis (27/2/2020) perlu menjadi perhatian.

Karena penyakit ginjalnya itu, Oding Nasution rutin melakukan cuci darah. Sampai akhirnya, Oding Nasution meninggal dunia di RSUP Fatmawati.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke rahmatullah Ayah kami Aumar Naulia Nasution di RSUP Fatmawati pada Kamis malam. Selamat jalan Bang Oding, terima kasih memori baiknya selama ini," tulis Stanley Tulung, pengamat musik melalui Facebook.

Seperti yang diketahui, ginjal salah satu organ tubuh penting yang berfungsi menyaring kotoran dan racun dalam darah.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dari segala usia, karena salah satu faktornya adalah gaya hidup. Tapi, banyak orang seringkali tidak menyadari dirinya menderita penyakit ginjal.

Menurut hellosehat.com, berikut ini ciri-ciri seseorang menderita penyakit ginjal yang tak seharusnya diabaikan.

Ilustrasi ginjal dalam tubuh manusia. [shutterstock]
Ilustrasi ginjal dalam tubuh manusia. [shutterstock]

1. Warna urine berubah

Ginjal yang bermasalah bisa menyebabkan warna urine atau air kencing berubah menjadi keruh. Selain itu, penyakit ginjal juga mengubah kebiasaan buang air kecil, bisa lebih sering atau lebih jarang.

2 Mudah lelah

Ginjal yang bermasalah menyebabkan produksi hormon eritropoetin menurun. Sehingga produksi sel darah merah yang membawa oksigen menurun dan akhirnya membuat badan lebih mudah lelah.

3. Tubuh bengkak

Masalah ginjla juga membuat banyak protein terbuang melalui urine. Kurangnya protein dalam darah ini bisa menyebabkan pembengkakan di beberapa tubuh, termasuk kaki, wajah dan kedua mata.

4. Gatal-gatal

Penyakit ginjal juga bisa menyebabkan gatal, ruam kemerahan dan kulit kering. Tetapi, orang seringkali mengabaik gejala gatal akibat penyakit ginjal.

5. Sakit pinggang

Sakit pinggang bagian kiri dan kanan juga bisa disebabkan oleh batu ginjal. Namun, sakit pinggang akibat batu ginjal biasanya disertai oleh nyeri.

Berita Terkait

Berita Terkini