cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Kamis, 16 Juli 2020

4 Manfaat Kesehatan Kacang Hijau, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker

Kacang hijau mengandung nutrisi yang sama seperti kacang polong dengan sejumlah manfaat kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Kacang hijau. (pixabay)
Kacang hijau. (pixabay)

Himedik.com - Kacang hijau, kacang panjang atau buncis termasuk makanan yang kaya akan vitamin A, C dan K, serta asam folat dan serat. Kacang hijau sendiri memiliki manfaat nutrisi yang mirip dengan kacang polong.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa memasukkan lebih banyak makanan nabati, seperti kacang hijau bisa mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan kematian.

Selain itu, konsumsi buah dan sayuran juga mempromosikan kulit yang sehat, peningkatan energi dan berat keseluruhan yang lebih rendah.

Dilansir oleh Medical News Today, adapun manfaat dari mengonsumsi kacang hijau secara rutin, antara lain:

1. Mencegah kanker

Kacang hijau mengandung klorofil dalam jumlah tinggi. Kandungan ini bisa memblokir efek karsinogenik dari amina heterosiklik yang dihasilkan ketika memanggang daging pada suhu tinggi.

Kacang hijau (Pixabay/PDPics)
Kacang hijau (Pixabay/PDPics)

2. Meningkatkan kesuburan

Kacang hijau salah satu makanan tinggi zat besi yang baik untuk meningkatkan kesuburan. Bahkan mengonsumsi makanan kaya zat besi bersama makanan kaya vitamin C bisa meningkatkan penyerapannya.

Selain itu, asam folat dalam kacang hijau juga sangat bermanfaat untuk kehamilan. Karena, kandungan ini bisa melindungi janin terhadap cacat tabung saraf.

3. Depresi

Asam folat dalam kacang hijau tidak hanya bermanfaat untuk kehamilan, tetapi juga depresi. Konsumsi folat yang cukup bisa mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh.

Karena, kelebihan homosistein dalam tubuh bisa menghentikan darah dan nurrisi lain mencapai otak. Homosistein itulah yang mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin dan norepinefrin yang mengatur suasana hati.

4. Kesehatan tulang

Satu cangkir kacang hijau bisa mengandung 14,4 mikogram vitamin K, yakni hampir 20 persen dari kebutuhan harian. Jadi, konsumsi kacang hijau bisa membantu menjaga kesehatan tulang agar tak mudah patah tulang.

Terkait

Terkini