Info

2 WNI Positif Corona Covid-19, Jokowi Himbau Jaga Higienitas dan Imunitas

Presiden Joko Widodo mengungkap bahwa pemerintah benar-benar siap menangani virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati

Presiden Joko Widodo (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)
Presiden Joko Widodo (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

Himedik.com - Setelah sekian lama dinyatakan Indonesia negatif corona Covid-19, pada Senin (02/03/2020) dua WNI dinyatakan positif terjangkit virus mematikan tersebut. Langsung diumumkan Presiden Joko Widodo, 2 orang WNI positif corona Covid-19 tersebut adalah ibu dan anak, masing-masing berusia 64 tahun dan 31 tahun.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan jika mereka melakukan kontak langsung dengan warga negara Jepang yang dinyatakan positif corona Covid-19 saat tiba di Malaysia.

Kini, kedua WNI tersebut tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Tim medis Indonesia sendiri langsung melakukan penelusuran riwayat kontak pasien tersebut.

Presiden Joko Widodo mengungkap bahwa pemerintah benar-benar siap menangani virus corona Covid-19. Terdapat ruang isolasi denga standar yang baik. Begitu pula dengan peralatan medis yang memadai standar internasional serta reagen yang cukup.

Menkes Terawan saat jumpa pers di RS Sulianti Saroso, Jakut. Senin (2/3) (Suara.com/Ade Dianti)
Menkes Terawan saat jumpa pers di RS Sulianti Saroso, Jakut. Senin (2/3) (Suara.com/Ade Dianti)

"Kita juga miliki SOP yang standarnya sama dengan standar internasional yang ada. Kita juga miliki anggaran dan sudah diprioritaskan. Karena kalau tidak serius, ini sangat berbahaya karena penyakit ini perlu kita waspadai," ujarnya dalam pengumuman resmi bersama Menkes Terawan.

Presiden Jokowi juga menghimbau masyarakat untuk dua hal, yakni lebih peduli pada higienitas dan menjaga imunitas tubuh.

"Kita harus jaga higienis, banyak cuci tangan... Kontak yang tidak perlu saya kira tidak dilakukan terlebih dahulu. Kemudian juga menjaga tubuh agar fit sehingga imunitas itu ada di dalam kita," ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini