cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Sabtu, 19 September 2020

Virus Corona Covid-19 Juga Picu Penyakit Lain, Ini Temuan WHO!

WHO menemukan infeksi virus corona Covid-19 bisa memicu penyakit lainnya, dari ringan hingga paling fatal.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Corona Covid-19. (Shutterstock)
Corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Saat ini, jumlah korban meninggal akibat terinfeksi virus corona Covid-19 sudah mencapai lebih dari 3.000 orang. Di Indonesia sendiri, menemukan 2 orang positif terinfeksi virus corona.

Ternyata virus corona Covid-19 yang berasal dari China ini telah menyebabkan penyakit ringan pada 4 hingga 5 pasien yang ditemukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dilansir oleh The Washington Post, mengatakan kalau lebih dari 80 persen pasien virus corona Covid-19 menderita penyakit ringan, tetapi bisa dipulihkan.

Sebanyak 14 persen pasien juga menderita penyakit parah, termasuk pneumonia dan sesak napas. Sedangkan, 5 persen memiliki penyakit kritis, termasuk gagal napas, syok septik dan kegagalan multi-organ dan 2 persen kasus fatal.

Tedros Adhanom juga mengatakan bahwa risiko kematian akibat virus corona Covid-19 akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

Corona Covid-19. (Shutterstock)
Corona Covid-19. (Shutterstock)

 

Namun, anak-anak tidak akan menderita corona Covid-19 dengan cara yang sama seperti orang dewasa. Penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk mencari tahu efek virus mematikan ini pada anak-anak.

Di samping itu, WHO akan terus bekerja memebantu negara-negara yang terinfeksi virus corona Covid-19, mengirimkan alat uji dan peralatan pelindung, bekerja dengan produsen utnuk memastikan persediaan tetap terjaga dan melatih petugas kesehatan melawan penyakit ini.

Perlu diketahui pula bahwa virus corona Covid-19 ini cenderung bertahan lebih lama dalam kondisi yang lebih dingin dan lembap. Virus corona Covid-19 ini juga bisa menular antar manusia sekitar 2 jam hingga 9 hari.

Pada suhu sekitar 4 derajat celcius, versi virus corona tertentu bisa tetap bertahan hingga 28 hari. Pada suhu 30-40 derajat celcius, virus corona cenderung bertahan dalam waktu yang lebih singkat.

Sedangkan dalam suhu kamar, virus corona dengan gejala flu biasa bisa bertahan lebih lama dalam kelembapan 50 persen.

"Virus corona dapat menular pada permukaan benda mati pada suhu kamar hingga 9 hari. Pada suhu 30 persen celcius atau lebih, durasi persisten lebih pendek. Virus corona hewan telah terbukti bertahan lebih lama selama 28 hari," jelas peneliti dilansir oleh Medical News Today.

Terkait

Terkini