Info

5 Mitos Seputar Pencegahan Virus Corona Covid-19 yang Perlu Anda Tahu

Mitos seputar pencegahan virus corona Covid-19 mulai dari konsumsi vitamin hingga minum air setiap 15 menit.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Corona Covid-19. (Shutterstock)
Corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Wabah virus corona Covid-19 masih meningkat di luar China. Kondisi ini pun membuat publik khawatir dan melakukan segala macam tindakan pencegahan. Sayangnya, situasi ini justru membuat banyak informasi terkait virus corona Covid-19 beredar tidak sesuai faktanya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyebut informasi pencegahan yang keliru sebagai infodemik.

Profesor Paul Hunter, dari Norwich Medical School, University of East Anglia (UEA) dilansir oleh The Sun, mengatakan informasi palsu itu bisa menyebabkan saran yang buruk bagi orang-orang yang sedang takut penularan virus corona Covid-19.

Berikut ini beberapa mitos mengenai tindakan pencegahan corona Covid-19 yang perlu kita ketahui faktanya.

1. Vitamin C bisa melindungi diri dari virus

Banyak orang salah paham kalau vitamin C bisa melindungi diri kita dari tertular virus corona Covid-19. Padahal belum ada bukti kuat bahwa vitamin C bisa membantu melawan virus corona Covid-19.

Vitamin yang diperoleh dari sayuran hijau, buah-buahan dan suplemen hanya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

Ilustrasi vitamin C (shutterstock)

2. Minum air setiap 15 menit

Banyak orang mengira memastikan mulut dan tenggorokan kita tetap lembap bisa mencegah penularan virus corona Covid-19. Karena itu, orang selalu minum air setiap 15 menit untuk membantu membasmi virus dalam tubuh.

Dokter William Schaffner, seorang ahli penyakit menular di Vanderbilt University mengatakan, orang sakit maupun sehat memang harus menjaga asupan cairan tubuh dan menjaga selaput lendirnya tetap lembab. Tetapi, cara ini bukan berarti melindungi kita dari virus corona Covid-19.

3. Mencukur rambut wajah

Beredar informasi bahwa pria disarankan mencukur jenggotnya untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19. Karena, jenggot yang terlalu lebat bisa mengganggu masker tidak menutup bagian wajah dengan efektif.

Faktanya, mencukur jenggot dan rambut tidak serta-merta membantu Anda terhindar dari virus corona Covid-19. Cara ini disarankan supaya masker bisa bekerja efektif dalam menutup sebagian wajah.

4. Pakai obat kumur

Pemakaian obat kumur secara rutin juga tidak mencegah penularan virus corona Covid-19. WHO juga mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa penggunaan obat kumur bisa melindungi diri dari infeksi virus corona Covid-19.

"Beberapa obat kumur memang membunuh mikroba tertentu dalam air liur. Namun, ini bukan berarti obat kumur melindungi kita dari virus corona Covid-19," jelas WHO.

5. Makan bawang putih

Konsumsi bawang putih memang bisa mengatasi flu, tetapi bukan berarti ini bisa mencegah penularan virus corona Covid-19.

Menurut WHO, bawang putih adalah makanan sehat yang memiliki beberapa sifat antimikroba. Namun, tidak ada bukti bahwa bawang putih bisa mencegah penularan virus corona Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terkini