Info

Bisakah Virus Corona Covid-19 Menular Lewat Urine? Ini Jawabannya!

Selain lewat cairan pernapasan tubuh, virus corona Covid-19 juga ditakutkan menular lewat urine.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi buang air kecil. (Suara.com/Shutterstock)
Ilustrasi buang air kecil. (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Penggunaan masker sangat disarankan untuk mencegah penularan virus corona Covid-19. Tetapi, publik masih mengkhawatirkan jika penularan virus corona bisa melalui cara lainnya.

Menurut ahli, penggunaan masker dan menjaga kebersihan bisa mencegah penularan virus corona Covid-19. Begitu pula dengan orang yang baru saja berpergian ke wilayah terdampak agar sadar memeriksakan kondisi kesehatannya.

Seperti yang diketahui, virus corona Covid-19 bisa menular antar manusia memalui tetesan dalam tubuh, terutama cairan yang berasal dari pernapasan ketika batuk dan bersin.

Tetapi, apakah cairan tubuh seperti urine bisa menularkan virus corona Covid-19 antar manusia?

Berdasarkan data yang dilansir oleh CDC, sebelumnya virus SARS-CoV-2 bisa menular melalui saluran pernapasan atas dan bawah. SARS-CoV 2 pun telah diisolasi dari spesimen saluran pernapasan atas dan cairan lavage bronchoalveolar.

Ilustrasi Penyebaran Virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi Penyebaran Virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Sedangkan SARS-CoV 2 RNA juga telah terdeteksi dalam spesimen darah dan tinja. Tetapi, belum diketahui virus ini bisa menular melalui spesimen ekstrapulmoner atau tidak.

Tetapi, lamanya deteksi SARS-CoV 2 RNA pada spesimen saluran pernapasan atas dan bawah spesimen ekstrapulmoner belum diketahui. Tetapi, deteksi SARS-CoV 2 RNA ini mungkin membutuhkan beberapa minggu atau lebih.

Sementara itu, virus SARS-CoV bisa menular melalui spesimen pernapasan, darah, urin, dan feses, Sedangkan, infeksi virus MERS-CoV hanya bisa menular melalui saluran pernapasan.

Namun, belum diketahui virus corona Covid-19 bisa menular melalui cairan tubuh non-pernapasan atau tidak. Adapun cairan tubuh non-pernapasan dari orang yang terinfeksi, termasuk muntah, urine, ASI hingga air mani.

Sebelumnya, WHO juga berpendapat bahwa masih terlalu awal untuk menduga hubungan seksual bisa menularkan virus corona Covid-19. Tetapi, berciuman sangat mungkin menularkan virus corona melalui cairan dalam mulutnya.

Berita Terkait

Berita Terkini