Info

Mau Jantung Sehat? Konsumsi Setengah Sendok Makan Minyak Zaitun Setiap Hari

Minyak zaitun dan minyak nabati lainnya terbukti sangat berdampak baik pada kesehatan jantung.

Yasinta Rahmawati

Minyak zaitun. (unsplash)
Minyak zaitun. (unsplash)

Himedik.com - Demi jantung yang sehat, ada baiknya untuk mulai rajin mengonsumsi minyak zaitun. Sebab, sebuah penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan setengah sendok makan minyak zaitun per hari bisa mengurangi risiko serangan jantung secara signifikan.

Dilansir dari Daily Mail, tim peneliti Harvard mempelajari kesehatan hampir 100.000 orang selama 24 tahun. Ditemukan bahwa konsumsi minyak zaitun yang lebih tinggi dan rutin bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Sebagian besar ahli sepakat bahwa minyak zaitun, terutama yang extra virgin, sangat baik untuk tubuh. Ia mengandung asam lemak yang disebut asam oleat yang mengurangi peradangan.

"Penelitian sebelumnya telah mengaitkan konsumsi tinggi minyak zaitun dengan kesehatan jantung yang lebih baik, terutama di negara-negara Mediterania di mana asupan minyak zaitun jauh lebih tinggi daripada di Amerika Serikat," kata Dr. Marta Guasch-Ferre, penulis utama studi ini.

Semua peserta bebas dari kanker, penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya pada awal penelitian.

Setiap empat tahun selama sekitar tiga dekade, peserta penelitian menjawab kuesioner tentang diet dan gaya hidup mereka.

Ilustrasi minyak zaitun (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi minyak zaitun (Pixabay/stevepb)

Para peneliti juga menggunakan model statistik untuk membandingkan manfaat kesehatan jantung dari minyak zaitun dengan minyak nabati lainnya yang digabungkan, seperti jagung, kanola, safflower dan kedelai.

Setelah memperhitungkan faktor diet dan gaya hidup, peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun per hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah untuk mengalami segala jenis penyakit kardiovaskular.

Meski minyak zaitun lebih baik dari kebanyakan lemak hewani dan margarin, ia rupanya tak lebih unggul dari minyak nabati lainnya.

"Ini berarti mengganti segala jenis lemak hewani dengan minyak nabati, termasuk minyak zaitun, tetapi juga yang lain, bisa menjadi strategi yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung," jelas Dr. Marta.

Berita Terkait

Berita Terkini