Info

Update Corona Covid-19 pada 10 Maret 2020: 63.990 Sembuh, 4.025 Meninggal

Kabar baik, kasus positif corona Covid-19 di China berkurang drastis.

Yasinta Rahmawati

Virus corona Covid-19. (Shutterstock)
Virus corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Virus corona Covid-19 hingga kini terus meluas di berbagai belahan dunia. Tidak kurang dari 113 negara diinformasikan positif terinfeksi Covid-19, termasuk Indonesia.

Dikutip dari laman Worldometers, Selasa (10/3/2020) pukul 08.15 WIB, jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 114.299 pasien. Angka kematian mencapai 4.025 jiwa, namun di sisi lain sebanyak 63.990 orang dinyatakan sembuh.

Dari data tersebut beberapa negara menjadi sorotan dan mendapat status hijau, karena seluruh pasien yang dirawat dinyatakan sembuh dan kembali dipulangkan. Negara itu adalah Makau 10 orang terinfeksi dan semuanya sembuh, Nepal 1 orang terinfeksi dan sembuh, Sri Lanka 1 orang positif dan sembuh, serta Gibraltal 1 orang positif dan berhasil sembuh.

Italia masuk dalam negara kedua setelah China dengan kasus terbanyak Covid-19. Bahkan angka kasus baru per hari meningkat tajam yakni 1.797 terkonfirmasi positif. Hingga saat ini, kasus positif di Italia mencapai 9.172 kasus, dengan angka kematian 463 jiwa.

Di sisi lain, di China, kasus positif berkurang drastis, pertambahannya hanya 18 kasus baru per hari dan angka kematian 17 jiwa per satu hari.

Di sisi lain, kabar terbaru di Indonesia ada sebanyak 19 pasien yang dinyatakan positif, yang semuanya rata-rata hasil tracking atau pelacakan dari kasus 01 dan kasus 02, yakni ibu dan anak di Depok yang datang ke pesta dansa di Jakarta.

Rata-rata pasien merupakan kasus imported atau pasien yang tertular dari luar negeri. Pasien-pasien ini adalah mereka yang baru saja berpergian ke luar negeri, dan baru menunjukkan gejalanya setelah tiba di Indonesia. Scanner Thermal di pintu masuk tidak bisa mendeteksi, karena saat tiba mereka dalam kondisi sehat dan tidak demam.

Dengan pertambahan ini, akhirnya Dinkes DKI Jakarta menambah 5 rumah sakit rujukan, yakni RSUP Fatmawati, RSU Bhayangkara, RSAL Mintohardjo, RSUD Cengkareng, dan RSUD Pasar Minggu. Sebelumnya, sudah ada 3 rumah sakit sebagai rujukan nasional yakni Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Subroto, dan Rumah Sakit Persahabatan.

Kabar terbaru dari Kemenlu, menyebut ada 1 pasien Covid-19 WNI di Australia sebagai permanent resident, yaitu mereka yang tinggal di negara luar dengan izin tinggal berdasarkan dokumen VISA.

Berita Terkait

Berita Terkini