Info

Dosen Malaysia Sebut Ikan Singgang Mampu Hentikan Corona Covid-19

Ikan singgang sendiri adalah olahan ikan khas melayu dengan banyak rempah.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi ikan. (Pixabay/ID 41330)
Ilustrasi ikan. (Pixabay/ID 41330)

Himedik.com - Rutin mengonsumsi ikan sangat dianjurkan, sebab ia kaya akan protein, vitamin dan rendah kandungan lemak jenuh. Belakangan, seorang dosen asal Malaysia menyebut bahwa ikan memiliki potensi melawan penyebaran virus corona Covid-19.

Hal tersebut dikatakan Dr. Azizah Mahmood, dosen Universiti Malaysia Terengganu (UMT) Fakultas Perikanan dan Ilmu Pangan, diilansir dari World of Buzz.

Ia menyebut bahwa sajian Melayu tradisional Ikan Singgang mungkin memiliki potensi untuk menghentikan Covid-19 karena memiliki sifat melawan mikroba.

Ikan Singgang sendiri adalah hidangan ikan asam dan manis yang dibuat dengan rempah seperti kunyit, garam, bawang dan jahe.

Ketika dihubungi Harian Metro, Dr. Azizah mengatakan bahwa UMT belum melakukan penelitian apa pun terkait Ikan Singgang dan potensinya untuk mencegah Covid-19.

Namun berdasarkan penilaian bahan dalam hidangan tradisional, Ikan Singgang mungkin memiliki potensi untuk mencegahnya.

Ikan Singgang. (YouTube/ The Delicious People)
Ikan Singgang. (YouTube/ The Delicious People)

"Lengkuas, kunyit, jahe dan bawang putih yang ditemukan di piring dapat menghancurkan mikroba dan telah disetujui oleh penelitian yang sebelumnya telah selesai," ungkapnya.

Namun sekali lagi, Dr. Azizah mengatakan bahwa teori itu belum diuji secara klinis. Hal ini ia tekankan agar tak membawa kesesatan informasi di masyarakat nantinya.

"Kementerian Kesehatan (Depkes) telah menetapkan prosedur untuk mencegah penyebaran virus dan penelitian seperti ini tidak dapat dilakukan dengan sendirinya," jelasnya.

Meski belum teruji dapat mencegah corona Covid-19, Ikan Singgang dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menikmati sajian ikan dengan cara yang lebih sehat.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Berita Terkait

Berita Terkini