Info

Waspada 6 Penyebab Otak Mengecil, Bikin Cepat Pikun Lho!

Tahukah kamu, ada beberapa faktor yang menyebabkan volume otak mengecil lebih cepat?

Ririn Indriani

Ilustrasi stres berkepanjangan bisa menyebabkan volume otak mengecil. (Shutterstock)
Ilustrasi stres berkepanjangan bisa menyebabkan volume otak mengecil. (Shutterstock)

2. Diabetes
Pengidap diabetes atau disebut pula diabetesi biasanya akan mengkhawatirkan komplikasi, seperti luka yang tak kunjung sembuh karena bisa menyebabkan infeksi atau bahkan amputasi.

Padahal, ada banyak sekali komplikasi lain dari penyakit yang memang sangat sulit untuk disembuhkan. Salah satunya yang banyak orang belum tahu adalah bisa menyebabkan ukuran otak mengecil. Kok bisa?

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Daily Mail, diabetes bisa membuat ukuran otak penderitanya yang berada di usia pertengahan mengecil dengan signifikan.

Ilustrasi diabetes. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi diabetes. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Kondisi tersebut pada gilirannya berdampak pada penurunan kondisi kesehatan mental diabetesi saat lanjut usia.

Menurut para peneliti, diabetesi tipe dua bahkan bisa mengalami penurunan kemampuan memori dan lisan hanya dalam waktu 5 tahun.

Dalam penelitian ini, para peserta dengan usia rata-rata 68 tahun yang menderita diabetes tidak mengalami kerusakan otak di awal penelitian, namun setelah beberapa tahun, ukuran otak mereka mengecil dan akhirnya mulai mengalami berbagai masalah kesehatan, termasuk kecerdasan dan gangguan mental.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Tasmania dan dipublikasikan dalam jurnal berjudul Diabetologia ini, disebutkan bahwa diabetes ternyata berpengaruh besar pada risiko demensia.

Para peneliti juga menyebutkan bahwa penyebab utama dari kondisi ini terkait dengan obesitas, gaya hidup, dan pola makan atau diet.

Berita Terkait

Berita Terkini