Info

Waspada 6 Penyebab Otak Mengecil, Bikin Cepat Pikun Lho!

Tahukah kamu, ada beberapa faktor yang menyebabkan volume otak mengecil lebih cepat?

Ririn Indriani

Ilustrasi stres berkepanjangan bisa menyebabkan volume otak mengecil. (Shutterstock)
Ilustrasi stres berkepanjangan bisa menyebabkan volume otak mengecil. (Shutterstock)

3. Merokok
Penelitian yang dilakukan peneliti di Montreal Neurological Institute di McGill University dan University of Edinburgh mengungkap bahwa rokok tak hanya menghambat pertumbuhan fisik, melainkan juga otak.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa merokok alam jangka waktu lama bisa membuat bagian penting pada otak mengecil.

Bagian tersebut adalah lapisan cortex pada otak. Lapisan cortex merupakan bagian paling luar dari otak yang berkaitan dengan fungsi kognitif penting seperti penyimpanan ingatan, kemampuan berbahasa, dan persepsi.

Dikutip Science Daily, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa berhenti merokok bisa membantu mengembalikan keadaan lapisan cortex menjadi lebih baik meski tidak persis sama dengan semula, seperti dilansir oleh

berhenti merokok (shutterstock)
berhenti merokok (shutterstock)

Kesimpulan ini didapat setelah peneliti mengamati 244 lelaki dan 260 perempuan yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok perokok, mantan perokok, dan orang yang tidak merokok.

Usia rata-rata partisipan adalah 73 tahun. Semua partisipan diperiksa pada mas kanak-kanak, yaitu di tahun 1947. Selanjutnya peneliti menggunakan data tersebut untuk dibandingkan dengan scan MRI saat partisipan dewasa.

"Kami menemukan bahwa lapisan cortex mantan perokok dan perokok, pada usia 73 tahun, lebih tipis dibandingkan dengan orang yang tak pernah merokok. Meski begitu, mantan perokok memiliki cortex yang lebih baik dibandingkan yang masih merokok," terang ketua peneliti Dr Sherif Karama dari McGill University.

Meski begitu, lanjut dia, tak semua mantan perokok memiliki lapisan cortex yang sehat dan kembali pulih seperti semula.

Orang yang merokok lebih dari 25 tahun masih memiliki lapisan cortex yang tipis dan lebih rapuh.

Lapisan cortex memang bisa menipis secara alami karena proses penuaan, namun pada perokok lapisan cortex menipis lebih cepat.

"Para perokok harus mengetahui bahwa kebiasaan merokok akan membuat lapisancortex pada otak mereka semakin menipis dan bisa memicu penurunan kemampuan kognitif saat mereka menua," jelas Dr Karama.

Berita Terkait

Berita Terkini