Kamis, 02 April 2020

Jangan Asal Cuci Pakaian saat Wabah Corona Cobid-19, Begini Caranya!

Cuci pakaian tidak bisa semabarangan demi mencegah penularan virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi mencuci pakaian (Shutterstock)
Ilustrasi mencuci pakaian (Shutterstock)

Himedik.com - Kesehatan Masyarakat Inggris telah menyarankan semua orang untuk menutup mulut dan hidung pakai tisu ketika batuk dan bersin. Setelah itu, orang juga perlu mencuci tangannya untuk mencegah penularan virus corona Covid-19.

Tetapi, cuci tangan pakai air dan sabun secara teratur tidak cukup mencegah penyebaran virus corona Covid-19 antar manusia. Anda perlu memikirkan kebersihan tubuh dan lingkungan, seperti pakaian.

Beberapa ahli dilansir oleh The Sun, telah mengingatkan bahwa penting untuk menjaga kebersihan pakaian dan handuk. Apalagi bila Anda menggunakan satu handuk yang digunakan oleh banyak orang di keluarga.

Karena itu, Anda perlu mencuci pakaian dan handuk sampai bersih untuk membunuh dan mencegah bakteri berkembang biak.

Para ahli menyarankan untuk mencuci pakaian dan handuk menggunakan air suhu tinggi hingga 30 derajat celcius, supaya ampuh membunuh bakteri.

CEO Laundryheap Deyan Dimitrov pun berbagi tips mengenai cara mencuci pakaian untuk memastikan tidak akan menyebarkan virus corona Covid-19.

Ilustrasi pakaian (shutterstock)
Ilustrasi pakaian (shutterstock)

1. Suhu yang panas

Mencuci pakai dalam suhu tinggi bisa membantu membunuh bakteri dan mencegah penularan virus corona Covid-19. Dalam hal ini, suhu tinggi 30 derajat celcius sangat disarankan ketika mencuci baju.

2. Langkah ekstra

Mencuci pakaian dalam suhu tinggi masih belum cukup mencegah penularan virus corona Covid-19. Anda perlu melakukan langkah ekstra dengan cara memasukkan pakaian yang sudah dicuci ke dalam pengering selama 20 menit untuk menambah panas dan membunuh kuman.

3. Bersihkan mesin cuci

Selain pakaian, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan mesin cuci. Anda perlu mendesinfektan mesin cuci sebelum mencuci pakaian. Langkah ini berfungsi menghindari bakteri yang ada di dalam mesin cuci justru semakin mencemari pakaian.

4. Pilih formula yang tepat

Anda juga perlu memikirkan deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian. Deterjen yang menghasilkan banyak busa justru membuat kotoran semakin terjebak di pakaian dan susah hilang.

Selain itu, busa justru membuat penumpukan sabun di pakaian. Karena itu, Anda disarankan menggunakan pelembut atau pengharum ketika mencuci pakaian.

Terkait

Terkini