Selasa, 31 Maret 2020

Penyebaran Virus Corona Covid-19, Bisakah Menular Lewat Kolam Renang?

Penyebaran virus corona Covid-19 yang cukup pesat membuat orang khawatir jika virus bisa menyebar melalui kolam renang.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Kolam renang anak mengandung banyak air kencing (Pexels/Juan Salamanca)
Kolam renang anak mengandung banyak air kencing (Pexels/Juan Salamanca)

Himedik.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan wabah virus corona Covid-19 ini menjadi ancaman pandemi, setelah melihat lebih dari 110 negara melaporkan kasus tersebut.

Karena, penyebaran virus corona Covid-19 ternyata cukup pesat, cepat dan luas dari yang diperkirakan. Kondisi ini pun membuat sejumlah orang mulai khawatir jika tertular virus corona Covid-19.

Seperti yang diketahui sebelumnya, corona Covid-19 bisa menular antar manusia melalui cairan pernapasan tubuh ketika batuk dan flu. Tetapi, banyak orang mulai khawatir cairan tubuh lain bisa menularkan virus.

Belakangan orang khawatir jika virus Covid-19 menular lewat tetesan keringat, urine, air mani dan lainnya yang berupa cairan tubuh. Faktanya, tak ada satu pun penelitian yang membuktikan virus corona Covid-19 bisa menular lewat cairan non-pernapasan tubuh.

Selain itu, beberapa orang mungkin mulai berpikir kolam renang umum mungkin saja menularkan virus corona. Namun, apakah benar demikian?

Ilustrasi kolam renang. (Unsplash/ Joe Calata)
Ilustrasi kolam renang. (Unsplash/ Joe Calata)

Air di sebagian besar kolam renang biasanya mengandung klorin, yakni zat kimia yang bisa membunuh virus. Jadi, akan aman memakai kolam renang yang diklorinasi dengan benar.

Namun dilansir oleh BBC, Anda bisa tertular virus corona Covid-19 dari orang yang sudah positif terinfeksi di ruang ganti. Hal itu bisa terjadi jika virus corona Covid-19 dari orang yang sudah positif mencemari permukaan, seperti gagang pintu.

Selain itu, orang yang positif terinfeksi bisa menularkan virus corona Covid-19 juga bisa menyebarkan ke orang lain melalui batuk dan bersin ketika kontak dekat.

Jadi, berenang di kolam renang umum tidak akan menyebabkan masalah jika diklorinasi. Tetapi, lingkungan ini juga tidak menutup kemungkinan bisa meningkatkan risiko Anda terinfeksi virus corona Covid-19.

Terkait

Terkini