Selasa, 31 Maret 2020

Tempat Gym Berisiko Tinggi Sebarkan Virus Corona, Mengapa?

Gym adalah tempat yang lembap sehingga rawan kuman berkembang biak.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Tempat gym. (pixabay)
Tempat gym. (pixabay)

Himedik.com - Jumlah pasien corona masih bertambah walau angka kesembuhannya terus meningkat. Hal ini tentunya membuat masyarakat khawatir, terlebih pemerintah memutuskan untuk tidak membuka hasil penelusuran kasus secara jelas.

Meski begitu, semua orang tetap harus waspada dan menjaga sistem imunitas tubuh agar tidak mudah tertular virus penyebab penyakit pernapasan ini.

Terutama bagi orang yang senang berolahraga di gym. Sebab, pusat kebugaran ini disebut sebagai tempat berisiko tinggi menyebarkan virus.

Hal ini disebutkan oleh Dr. Norman Swan, seorang jurnalis berkualifikasi medis dalam sebuah podcast di laman berita ABC.

Ia mengatakan gym adalah tempat sempurna untuk penyebaran virus karena penuh keringat, yang menyebabkan semua permukaan olahraga menjadi lembab.

Ilustrasi: perempuan joging di treadmill di pusat kebugaran. (Shutterstock)
Ilustrasi: perempuan joging di treadmill di pusat kebugaran. (Shutterstock)

"Kelembapan adalah hal buruk untuk menyebarkan kuman. Anda melakukan olahraga dan Anda tidak pernah tahu, salah satunya (dari alat olahraga) mungkin menjadi super spreader," kata Dr Swan.

Namun, tambahnya, bukan berarti masyarakat harus berhenti ke gym. Tapi ia menekankan untuk lebih berhati-hati ketika di tempat tersebut.

"Anda harus memastikan untuk membersihkan peralatan olahraga sebelum dan sesudah menggunakannya," tambahnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat perlu menggunakan hand sanitizer saat berolahraga dan menghindari steam room (ruangan beruap) karena ruangan tersebut tidak cukup panas untuk membunuh kuman.

Dr Swan juga menganjurkan pada orang yang menunjukkan gejala sakit, seperti batuk atau bersin, untuk berhenti pergi ke gym sementara waktu sampai pulih.

Terkait

Terkini