Selasa, 31 Maret 2020

Peneliti: Umumnya, Gejala Corona Membutuhkan 5 Hari untuk Muncul

Peneliti menyarankan, orang yang bisa menularkan harus melakukan isolasi diri selama 14 hari untuk menghindari penyebaran ke orang lain.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Corona Covid-19. (Shutterstock)
Corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Kasus virus corona baru atau Covid-19 semakin meningkat. Berdasarkan South China Morning Post, negara dengan kasus terbanyak yaitu China, Italia, Korea Selatan dan Spanyol.

Penyakit Covid-19 dapat menyebabkan demam, batuk dan masalah pernapasan. Berdasarkan penelitian, kebanyakan orang akan mengalami gejala corona pada atau sekitar hari kelima setelah terinfeksi.

Sedangkan orang yang merasa bebas dari gejala corona setelah hari ke-12, berarti ia tidak memiliki gejala tetapi kemungkinan masih menjadi pembawa infeksi.

Peneliti menyarankan, orang yang bisa menularkan (baik memiliki gejala atau tidak) harus melakukan isolasi diri selama 14 hari untuk menghindari penyebaran ke orang lain.

Peneliti utama, Prof Justin Lessler dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, mengatakan temuan ini adalah diperkiraan cepat terbaik yang dimiliki saat ini, dari 181 kasus yang diteliti.

Batuk merupakan gejala infeksi pneumonia misterius di China. (Shutterstock)
Batuk merupakan gejala infeksi pneumonia misterius di China. (Shutterstock)

Meski begitu, ia mengatakan masih banyak yang harus dipelajari dari virus ini.

Dilansir BBC, para ahli percaya sebagian besar orang yang mendapatkan infeksi hanya akan mengalami penyakit ringan. Beberapa tanpa gejala, di mana mereka sebenarnya membawa virus namun tidak menunjukkan tanda.

Tetapi penyakit ini bisa sangat serius dan bahkan mematikan bagi sebagian orang, yang biasanya pada orang lansia atau orang dengan adanya masalah kesehatan sebelumnya.

Profesor Jonathan Ball, seorang ahli virologi molekuler di Universitas Nottingham, mengatakan penelitian ini mengkonfirmasi untuk sebagian besar kasus, masa inkubasi dan periode karantina untuk virus corona baru, akan memakan waktu hingga 14 hari.

Orang-orang dianggap paling menular ketika mereka memiliki gejala yang jelas, seperti batuk dan demam. Beberapa penyebaran mungkin terjadi sebelum orang menunjukkan gejala corona, tetapi ini tidak dianggap sebagai cara utama penyebaran virus.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Terkait

Terkini