Selasa, 07 April 2020

Ampuh Bunuh Virus, Peneliti UGM Bikin Hand Sanitizer dari Daun Sirih

Hand sanitizer ini memanfaatkan bahan-bahan lokal seperti daun sirih, chitosan dan lainnya.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi daun sirih. (Shutterstock)
Ilustrasi daun sirih. (Shutterstock)

Himedik.com - Hand sanitizer belakangan menjadi barang langka di pasaran karena merebaknya virus corona Covid-19.

Seperti yang diketahui, cairan antiseptik ini biasanya terbuat dari bahan kimia. Namun tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM), membuat inovasi hand sanitizer dari daun sirih.

Seperti diberitakan Suara.com (10/03/2020), peneliti dari Fakultas Farmasi UGM, Ronny Martien beserta timnya, menciptakan hand sanitizer berteknologi nanopartikel berbahan herbal, daun sirih hijau.

Produk tersebut dikemas dalam botol spray berwarna hitam dan diberi nama Piperantis.

Piperantis dibuat dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal seperti daun sirih, chitosan (cangkang udang) dan bio polymer serta bahan lain sebagai penggenap komposisi. Mereka mengklaim, hand sanitizer tersebut bisa membunuh bakteri serta mencegah infeksi virus.

Memiliki sifat antibakterial, piperantis sudah diuji pada bakteri Staphylococcus auerus dan Escherichia coli. Supaya produk mereka semakin efektif, tim mengombinasikan dengan teknologi nanopartikel yang terbukti menghambat pertumbuhan bakteri.

Peneliti dari Fakultas Farmasi UGM, Ronny Martien kala mengenalkan hand sanitizer berbahan daun sirih hijau, bernama Piperantis, di UGM, Selasa (10/3/2020). (Uli Febriarni / Kontributor)
Peneliti dari Fakultas Farmasi UGM, Ronny Martien kala mengenalkan hand sanitizer berbahan daun sirih hijau, bernama Piperantis, di UGM, Selasa (10/3/2020). (Uli Febriarni / Kontributor)

 

Manfaat Piperantis pun digadang-gadang punya daya bunuh bakteri mencapai di atas 100% ketimbang hand sanitizer pabrikan kimia. Keunggulan lainnya, karena terbuat dari antiseptik berbahan herbal dan berbasis air, maka hand sanitizer ini bahkan bisa digunakan untuk menyeka luka pada tubuh, misalnya lecet sehabis terjatuh di tanah.

Ronny mengungkapkan, ide awal membuat Piperantis dari daun sirih tersebut bermula ketika ia hendak menciptakan anti bakterial untuk melindungi puting susu kambing dan sapi. Seiring waktu, tim kemudian mengembangkannya dengan lebih optimal lagi, sehingga terciptalah hand sanitizer tersebut.

"Momen ini juga ternyata tepat, karena sekarang sedang muncul virus yang menyebabkan penyakit Covid-19. Mudah-mudahan produk ini bisa membantu masyarakat untuk membudayakan hidup bersih," ucapnya.

Hanya sayangnya, produk ini belum memiliki paten, karena masih menunggu kejelasan siapa yang akan bersedia memproduksinya dalam jumlah jauh lebih besar.

Terkait

Terkini