Info

Cegah Corona Covid-19, Beri Jarak Segini saat Bertemu Orang Lain!

Jaga jarak sangat diperlukan dalam mencegah penularan virus corona Covid-19 ketika berada di tempat umum.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi orang tatap muka . (Pixabay/rawpixel)
Ilustrasi orang tatap muka . (Pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Semua orang perlu meningkatkan kewaspadaan melindungi diri dari wabah virus corona Covid-19 yang meningkat secara global. Beberapa waktu lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun sudah menyebut wabah ini sebagai pandemi.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dilansir dari Health.harvard.edu, menyarankan semua orang tetap menjalani aktivitas sehari-hari dan mempersiapkan pencegahan penyebaran virus corona Covid-19.

Seperti yang diketahui, virus corona Covid-19 bisa menyebar antar manusia melalui tetesan cairan pernapasan tubuh, terutama ketika bersin dan batuk.

Selain itu, setiap orang yang sudah positif terinfeksi corona Covid-19 tanpa gejala juga bisa menularkan virusnya ke orang lain dengan menyentuh atau mengontaminasi permukaan benda mati.

Sehingga orang sehat yang menyentuh permukaan itu lalu tangannya menyentuh mulut atau area wajah, kemungkinan besar mereka akan terinfeksi virus corona Covid-19.

Virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Karena itulah, ahli menyarankan semua orang selalu menjaga kebersihan, mencuci tangan dan memakai disinfektan secara teratur. Mereka juga melarang semua orang menyentuh area wajah, terutama hidung, mulut dan mata.

Tetapi, kita juga perlu menjaga jarak dengan orang lain sebagai tindakan pencegahan virus corona Covid-19. Apalagi virus corona Covid-19 diduga bisa menular saat kita berbincang dengan orang lain yang positif.

Sehingga orang-orang disarankan menjauhi kerumuman untuk mencegah penularan corona Covid-19. Jika Anda harus keluar dan bertemu orang, setidaknya beri jarak 6 kaki dengan orang lain atau lawan bicara.

Jaga jarak ini bertujuan mengurangi risiko infeksi virus corona Covid-19 ke atau dari orang lain ketika bertatap muka.

Apabila memungkinkan, penutupan sekolah, arah bekerja dari rumah, penutupan perpustakaan hingga pembatalan acara sosial lebih membantu mencegah penularan virus corona Covid-19.

Langkah ini sekaligus mengurangi beban rumah sakit menerima pasien corona Covid-19. Karena, jumlah pasien yang sangat tinggi meningkatakn risiko mereka dalam kondisi kritis, tidak mendapat perawatan tepat hingga meninggal dunia.

Pada intinya, semua orang sehat perlu jaga jarak dengan orang lain dan batasi kontak dengan orang lain di luar keluarga demi mengontrol penyebaran virus corona Covid-19.

Jika Anda baru saja bertemu dengan orang dan berjaga jarak 6 kaki, tetap saja jangan melupakan cuci tangan pakai sabun air.

Karena virus juga tidak bisa bertahan hidup di air kolam yang terawat dan bersih, maka berenang tidak akan berbahaya jika kita menghindari kontak dekat dengan orang lain.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Berita Terkait

Berita Terkini