Selasa, 31 Maret 2020

Ahli Sebut Virus Corona Covid-19 Rentan Menular saat Tidur, Ini Solusinya!

Ahli memberikan pemaparan dan solusi terkait penularan virus corona Covid-19 saat tidur.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi tidur - (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi tidur - (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Penularan virus corona Covid-19 antar manusia bisa terjadi melalui cairan pernapasan tubuh. Ketika cairan itu menempel di tangan, lalu kita menyentuh mulut, hidung atau mata, maka kemungkinan besar bisa tertular virus corona Covid-19.

Tetapi, seorang dokter Seattle mengatakan bahwa orang-orang sangat rentan terkena virus corona Covid-19 saat tidur. Ia pun menawarkan beberapa tips untuk melindungi diri saat tidur.

Bruce L. Davidson menulis dalam sebuah op-ed bahwa sekitar setengah orang rentan terhadap aspirasi atau menghirup benda asing ke saluran udara saat tidur. Kondisi inilah yang memungkinkan virus masuk ke dalam tubuh.

"Virus corona Covid-19 mungkin menginfeksi sel-sel di bawah kotak suara, di saluran udara dan jauh di paru-paru. Tidak seperti virus flu yang berawal dari hidung ke tenggorokan," kata Bruce dikutip dari NYpost.

Selain melalui partikel kecil yang terhirup di udara, virus corona Covid-19 bisa mencapai sel-sel melalui cairan di hidung atau tenggorokan yang melewati kotak suara dan masuk ke trakea.

Ilustrasi gangguan tidur - (Unsplash/Kinga Cichewicz)
Ilustras tidur. (Unsplash/Kinga Cichewicz)

Seorang ahli infeksi menular saluran pernapasan ini pun mengutarakan beberapa langkah untuk membatasi atau megurangi risiko orang terinfeksi virus corona saat tidur.

Pertama, Bruce menyarankan semua orang selalu mencuci tangan dan wajah secara teratur, terutama setelah bepergian. Karena, cara ini bisa mencegah infeksi virus corona Covid-19.

"Cuci tangan dan wajah dengan baik pakai sabun dan air hangat, termasuk sela-sela jari. Jangan lupa membersihkan lubang hidung lalu cobalah menghembuskan napas lembut," katanya.

Kedua, Bruce menyarankan semua orang membatasi konsumsi obat penenang, seperti alkohol sebelum tidur karena bisa meningkatkan aspirasi.

Terakhir, Bruce memberi peringatan keras bahwa semua orang harus mematikan perangkat apa pun seperti handphone agar tidur dalam kondisi bersih.

"Kuncinya adalah meminimalkan beban virus di sekitar tubuh dan wajah kita sebelum tidur. Jika Anda menggunakan handphone di malam hari, pastikan letaknya jauh dari orang bisa batuk, bersin dan bernapas. Jangan lupa membersihkannya secara teratur," tulisnya.

Virus corona Covid-19 adalah penyakit pernapasan, yang artinya bisa menyebar melalui tetesan cairan pernapasan tubuh seseorang ketika batuk dan bersin.

Sejauh ini, virus corona Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 152 ribu orang di seluruh dunia. Bahkan sudah 144 negara yang terdampak penyebaran virus corona Covid-19.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Terkait

Terkini