Selasa, 31 Maret 2020

Cek! Berikut Deretan Orang Paling Rentan Terinfeksi Virus Corona Covid-19

Ada beberapa kondisi kronis yang dikatakan meningkatkan risiko seseorang terinfeksi virus corona.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Ilustrasi rumah sakit. (Unsplash/Marcelo Leal)
Ilustrasi rumah sakit. (Unsplash/Marcelo Leal)

Himedik.com - Ahli kesehatan telah memperingatkan orang lanjut usia dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan berisiko sangat rentan terinfeksi virus corona baru atau SARS-CoV-2.

Menurut Public Health England, Covid-19 merupakan ancaman besar bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lebih lemah dan penyakit jangka panjang atau kronis.

Dilansir Sky News, beberapa kondisi kronis yang dikatakan meningkatkan risiko adalah penyakit jantung, penyakit paru-paru, diabetes, tekanan darah tinggi dan kanker.

Layanan kesehatan Irlandia juga telah merilis daftar kondisi yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, termasuk:

- Pasien yang menjalani perawatan kanker.
- Pasien yang menjalani perawatan penyakit autoimun, seperti rheumatoid arthritis, lupus, multiple sclerosis (MS) dan penyakit radang usus.
- Pasien dengan HIV.
- Siapa pun yang pernah melakukan transplantasi organ atau sumsum tulang.

(Shutterstock)
Ilsutrasi orang sakit (Shutterstock)

Penderita asma juga dianggap berisiko terkena virus dengan gejala parah yang menyebabkan infeksi pada salulran pernapasan.

"Virus pernapasan seperti ini dapat memicu gejala asma dan dapat menyebabkan serangan asma. Sangat penting bagi Anda untuk mengambil langkah pencegahan. Ini membantu mengurangi risiko serangan asma yang dipicu oleh virus apa pun, termasuk virus corona baru," tutur Jessica Kirby, kepala saran kesehatan di Asthma Inggris.

Tidak hanya penderita asma, Kirby juga memperingatkan perokok. Sebab, rokok memiliki efek negatif terhadap sistem kekebalan tubuh seseorang.

"Ini mengurangi perlindungan alami Anda terhadap infeksi, seperti virus corona," tandasnya.

Terkait

Terkini