Selasa, 07 April 2020

Rekomendasi Pakar, Lakukan Disinfeksi Rumah dengan 3 Bahan Pembersih Ini

"Membersihkan secara teratur dengan pembersih biasa dapat menghilangkan semua jenis kuman, termasuk virus corona," kata pakar.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Ilustrasi alat pembersih. (pixabay/pixaline)
Ilustrasi alat pembersih. (pixabay/pixaline)

Himedik.com - Pakar mengatakan melakukan disinfeksi rumah adalah hal yang perlu untuk melindungi diri untuk bebas dari kuman, termasuk virus corona baru atau SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19.

"Membersihkan secara teratur dengan pembersih biasa dapat menghilangkan semua jenis kuman, tidak hanya virus corona, dari seluruh permukaan. Fokus pada area tinggi, keran air, pegangan pintu, semua benda yang sering dipegang," kata Catherine Roberts, associate editor kesehatan di Consumer Reports.

Para ahli di Consumer Reports, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), dan organisasi kesehatan lain telah mempertimbangkan saran produk apa yang melindungi rumah dari virus corona baru.

"Disinfektan komersial sebenarnya adalah pestisida yang sudah terdaftar di EPA, jadi sebisa mungkin untuk menggunakannya ketika anak-anak tidak ada, karena benda ini dapat memicu asma," sambungnya.

Dilansir NBC News, berikut beberapa prosuk pembersih rumah tangga yang dapat mematikan virus corona.

Ilustrasi nenek membersihkan rumah. (Shutterstock)
Ilustrasi membersihkan rumah. (Shutterstock)

1. Larutan Pemutih

"Pemutih sangat efektif dalam membunuh virus corona, serta hampir semua kuman lain. Masalahnya adalah bau tidak enak, sulit digunakan, dan dapat merusak barang yang akan dibersihkan," kata Dr. Paul Pottinger, seorang profesor penyakit menular di University of Washington Medical Center.

Untuk melindungi kulit, gunakan sarung tangan saat menggunakannya dan jangan mencampur pemutih dengan bahan apapun selain air.

Berdasarkan CDC, bahan untuk membuat larutan pemutih adalah 5 sendok makan dengan satu galon air, atau 4 sendok teh pemutih dalam satu liter air.

Ilustrasi membersihkan rumah. (Shutterstock)
Ilustrasi membersihkan rumah. (Shutterstock)

2. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida tidak sekuat pemutih, sehingga kemungkinan memicu masalah sangat kecil. Tetapi bahan ini dapat mengubah warna, kata Richard Sachleben, ahli kimia organik dan anggota American Chemical Society.

3. Alkohol

Menggunakan produk alkohol dengan kadar minimal 70% akan membunuh virus dengan potensi kerusakan yang lebih kecil daripada larutan pemutih.

Consumen Reports melaporkan alkohol gosok aman digunakan untuk semua permukaan, namun dapat mengubah warna beberapa bahan plastik.

Terkait

Terkini