Selasa, 31 Maret 2020

Mengisolasi Diri Demi Cegah Penularan Corona Covid-19, Perlu Berapa Lama?

Orang-orang disarakan mengisolasi diri di dalam rumah selama wabah virus corona Covid-19 yang meningkat secara global.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Corona Covid-19. (Shutterstock)
Corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Wabah virus corona Covid-19 yang meningkat secara global, membuat banyak orang merasa cemas. Orang-orang pun disarankan mengisolasi diri atau swakarantina di dalam rumah untuk mencegah penularan dan penyebaran virus lebih meluas.

Apalagi jika Anda termasuk kategori orang yang rentan sakit dan terserang virus corona Covid-19, seperti lansia, punya penyakit bawaan dan masih terlalu muda.

Pada dasarnya dilansir dari The Sun, mengisolasi diri artinya melepaskan diri dari dunia luar atau kegiatan sosial yang rentan akan penyebaran virus corona Covid-19.

Artinya, semua orang diminta tinggal di dalam rumah, seperti sekolah online, kerja dari rumah, tidak naik angkutan umum maupun berkunjung ke ruang publik. Pastikan rumah dan kamar Anda memiliki ventilasi dan jendela untuk sirkulasi udara yang baik.

Meskipun sedang mengisolasi diri, bukan berarti kita tidak boleh menerima tamu sama sekali. Kita boleh saja menggunakan dan bertatap muka dengan layanan pengantar makanan, keluarga hingga teman.

Virus Corona Covid-19 masih menjadi momok di China, dengan jumlah korban terus mengalami peningkatan. (Shutterstock)
Virus Corona Covid-19 masih menjadi momok di China, dengan jumlah korban terus mengalami peningkatan. (Shutterstock)

Tapi, pastikan orang yang datang tidak membawa virus dan selalu jaga kebersihan rumah. Lalu, apakah semua orang perlu mengisolasi diri?

Sebaiknya semua orang melakukan tindakan pencegahan dengan mengisolasi diri, tapi orang yang mengalami gejala flu lebih diutamakan. Orang dengan gejala flu disertai demam tinggi dan batuk terus-menerus sebaiknya tetap berdiam diri di rumah.

Selain itu, orang yang baru saja bepergian dari negara yang terdampak virus juga perlu mengisolasi diri dan menghentikan kontak sosial.

Anda perlu menjaga jakar 2 meter atau 6 kaki dengan orang lain untuk mencegah penularan virus corona Covid-19. Lalu, berapa lama orang perlu mengisolasi diri?

Semua orang yang merasa mengalami gejala virus corona Covid-19 harus mengisolasi diri minimal selama 7 hari. Tetapi, kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit dan memburuk pada akhir minggu.

Jika Anda tinggal bersama orang lain, mintalah mereka tetap tinggal di rumah selama 14 hari untuk menghindari penyebaran infeksi virus corona Covid-19 ke luar.

Setelah 14 hari mengisolasi diri, orang yang tinggal bersama Anda dan tidak mengalami gejala virus corona Covid-19 apapun bisa kembali melakukan rutinitas.

Ada baiknya bila Anda membatasi kontak dengan orang di sekitar yang sehat dan bebas dari virus corona Covid-19. Tapi, tetap pastikan orang yang mengisolasi diri selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan.

Terkait

Terkini