Selasa, 07 April 2020

Harus Keluar Rumah saat Swakarantina? Ini 5 Tips Menghindari Virus Corona

Tips untuk meminimalkan risiko paparan virus corona ini mudah diterapkan.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Cuci tangan dengan sabun dan air hangat. (unsplash)
Cuci tangan dengan sabun dan air hangat. (unsplash)

Himedik.com - Berbagai negara dan kota di seluruh dunia sudah menyerukan masyarakatnya untuk melakukan swakarantina demi mengurangi penyebaran virus corona Covid-19. Meski demikian, tentu ada beberapa hal yang mengharuskan Anda untuk pergi keluar rumah.

Maka dari itu, kewaspadaan untuk meminimalkan risiko paparan virus corona perlu tetap dijaga.

Dilansir dari C Net, berikut beberapa teknik yang dapat Anda terapkan untuk menghindari virus corona jika harus meninggalkan rumah.

1. Pakai siku sebagai pengganti jari
Setiap kali Anda harus membuka pintu, menekan tombol, menarik tuas atau menandatangani secara digital untuk sesuatu, gunakan bagian tubuh yang berbeda. Hal itu bisa dilakukan dengan pundak, siku ataupun buku jari.

2. Bawa tas belanja sendiri
Menggunakan tas jinjing Anda sendiri berarti Anda tidak mendorong gerobak atau membawa keranjang yang disentuh oleh puluhan orang lainnya. Ingat, tidak setiap toko menyediakan tisu atau pembersih untuk mengelapnya.

Ilustrasi shopping (shutterstock)
Ilustrasi shopping (shutterstock)

3. Jaga kontak fisik
Menjaga jarak sosial adalah cara yang penuh kasih untuk melindungi orang-orang dalam demografi yang rentan, seperti kerabat lansia dan mereka yang memiliki komplikasi kesehatan.

Jika kebetulan Anda melihat anggota keluarga, teman atau tetangga, tahan keinginan untuk berpelukan, mencium, tepukan di punggung atau berjabat tangan.

4. Bawa serbet ekstra, tisu disinfektan dan tisu wajah
Produk-produk ini berguna untuk membersihkan kuman, atau bertindak sebagai penghalang antara Anda (atau ponsel Anda) dan permukaan. Misalnya, membuka pegangan pintu jika Anda baru saja melihat seseorang batuk di tangannya sebelum memutar kenop.

5. Berhenti memegang uang tunai
Anda tidak pernah tahu jenis kuman apa yang menyentuh permukaan uang. Jika Anda dapat membayar dengan kartu debit atau e-money lain, lakukanlah. Dan ingat, saat mamencet tombol PIN, gunakan buku jari alih-alih jari telunjuk Anda.

Terkait

Terkini