Info

Kecemasan Bisa Tingkatkan Risiko Tertular Corona Covid-19, Lakukan ini!

Perasaan cemas dan khawatir berlebihan bisa meningkatkan risiko tertular virus corona Covid-19 pada orang sehat.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi cemas. (PIxabay/TheDigitalArtist)
Ilustrasi cemas. (PIxabay/TheDigitalArtist)

Himedik.com - Tak bia dipungkiri, wabah virus corona Covid-19 yang meluas membuat banyak orang cemas, takut dan khawatir. Padahal kecemasan berlebih bisa meningkatkan risiko infeksi virus corona Covid-19.

Anda perlu mengambil tindakan atau bantuan tambahan agar rasa khawatir itu mengendalikan diri sendiri. Tenangkan diri Anda dari kekhawatiran akibat wabah virus corona Covid-19.

Untuk lebih jelasnya, Anda perlu mengetahui cara mengelola kecemasan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti yang dilansir dari Health.hevard.edu ini.

1. Apa yang terjadi pada tubuh ketika rasa khawatir Anda meningkat?
2. Seberapa besar Anda khawatir?
3. Apa hal yang paling Anda takuti?
4. Apa yang bisa membantu Anda mengatasi kekhawatiran?

Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]
Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]

Saat rasa khawatir meningkat akibat virus corona Covid-19, kita perlu fokus pada apa yang mampu mengatasi kecemasan dengan melakukan hal-hal menyenangkan di rumah.

Masa mengisolasi diri di rumah memang membosankan. Tapi, Anda bisa mengalihkan pikiran, kebosanan dan kekhawatiran tentang virus corona Covid-19 dengan beberapa cara berikut ini.

1. Carilah informasi seputar perkembangan virus corona Covid-19, kesehatan dan penanganan virus dari portal berita yang kredibel. Pastikan Anda memiliki banyak sumber agar tidak mudah termakan informasi hoaks.

2. Berhubungan dengan teman atau orang yang dicintai melalui panggilan telepon, video atau chatting. Teknologi modern sekarang ini sudah cukup membantu Anda tetap terhubung baik dan terasa dekat dengan orang di luar.

Ada pula aktivitas yang baiknya Anda kurangi saat mengisolasi diri, jangan terlalu sering mengonsumsi informasi virus corona Covid-19.

Anda cukup melihat informasi seputar corona Covid-19 saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Cara seperti ini berfungsi mencegah Anda "overdosis" informasi dan akhirnya makin khawatir.

Berita Terkait

Berita Terkini