Selasa, 31 Maret 2020

Selain Batuk, Ini 5 Gejala Lain Virus Corona Covid-19 yang Kerap Terabaikan

Ada banyak gejala ringan virus corona Covid-19 yang terabaikan, seperti sakit perut akibat diare.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi sakit perut. (pixabay)
Ilustrasi sakit perut. (pixabay)

Himedik.com - Batuk kering dan flu merupakan gejala umum virus corona Covid-19. Tetapi, infeksi virus corona Covid-19 masih memiliki gejala ringan lainnya yang sering terabaikan.

Kehilangan nafsu makan hingga indera penciuman juga termasuk gejala ringan infeksi virus corona Covid-19 yang sering terabaikan.

Karenanya dilansir dari mirror.co.uk, Anda perlu mengetahui beberapa gejala ringan virus corona Covid-19 biar tidak terabaikan.

1. Kehilangan indera penciuman dan perasa

Asosiasi Otorhinolaryngology Inggris sudah memeringatkan bahwa kehilangan indera penciuman dan rasa termasuk gejala infeksi virus corona Covid-19.

Seorang spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (THT) pun sudah memeringatkan orang yang mengalami gejala seperti itu harus mengisolasi diri untuk mencegah penyebaran virus.

"Kami telah mengidentifikasi gejala baru virus corona seperti kehilangan indera penciuman dan rasa. Jadi orang yang tidak merasakan gejala virus seperti umumnya, mungkin mengalami gejala lain ini dan harus isolasi diri," keterangan Otorhinolaryngology Inggris.

Ilustrasi hidung. (Shutterstock)
Ilustrasi hidung. (Shutterstock)

2. Kelelahan fisik

Gejala virus corona Covid-19 lainnya adalah kelelahan fisik. Tubuh Anda yang merasa sakit mungkin membuat jadi sangat lelah dan kesulitan tidur. Kondisi ini juga bisa terjadi karena batuk dan kesulitan bernapas.

Jaimuay Sae-ung (73) adalah warga negara Thailand pertama yang terjangkit virus corona Covid-19 pada Desember 2019 lalu. Saat itu, ia mengalami gejala kesulitan makan dan merasa sang lelah.

3. Kelelahan mental

Kelelahan mental juga termasuk gejala infeksi virus corona Covid-19 lainnya. Thea Jourdan, seorang ibu 3 anak berpikir pertama kali terinfeksi virus saat merasakan gatal di tenggorokan dan sakit kepala.

"Mulanya saya merasa lelah, seolah-olah saya tidak punya pilihan selain tidur. Saya tidak mengalami batuk dan demam. Tapi aku merasakan ada sesuatu di paru-paru dan bagaikan menghirup bedak," katanya.

Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]
Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]

4. Kehilangan nafsu makan

Pada tingkat berbeda, orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 dapat mengalami kehilangan nafsu makan.

Seperti Stephen Power yang tak nafsu makan sama sekali. Lelali asal London ini mengalami demam tinggi, sakit kepala, batuk ringan dan sakit punggung selama 4 hari.

Setelah itu, ia mulai kehilangan nafsu makannya, malas bergerak dan merasa kelelahan yang ternyata adalah tanda infeksi virus corona Covid-19.

5. Sakit perut

Sebuah studi oleh American Journal of Gastroenterology telah mengaitkan keluhan sakit perut dengan infeksi virus corona Covid-19.

Mereka menemukan bahwa 48,5 persen dari 204 orang yang telah terinfeksi virus corona Covid-19 di China mengeluhkan masalah pencernaan, misalnya diare.

Terkait

Terkini