Selasa, 07 April 2020

Pandemi Virus Corona Pengaruhi Kesehatan Mental, Atasi Pakai Tips Ini

Kondisi pandemi ini membuat masyarakat rentan alami masalah kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Ilustrasi cemas. (pixabay/xusenru)
Ilustrasi cemas. (pixabay/xusenru)

Himedik.com - Pandemi virus corona baru ini nyatanya tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik saja, tetapi juga mental. Hal itu dirasakan baik orang yang terinfeksi maupun masyarakat yang tidak.

Kondisi seperti ini memang sangat rentan bagi orang-orang untuk mengalami masalah kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi.

Dilansir The Health Site, berikut beberapa tips untuk mengatasi saat-saat sulit di masa virus corona seperti ini.

1. Istirahat

Jangan terobsesi dengan berita coronavirus dan media sosial. Terlalu banyak informasi tentang virus ini bisa membuat Anda stres.

Tak apa-apa sesekali mencari tahu, namun jika dilakukan terus menerus maka dapat menyebabkan panik dan stres yang tidak perlu.

2. Idetifikasi sumber berita palsu

Ada banyak orang di media sosial yang menyebarkan berita palsu. Jadi jauhi informasi tersebut. Buka sumber terpercaya dan otentik saja. Ini bakal memberi Anda gambaran yang lebih baik dan Anda juga akan tenang.

Ilustrasi cemas di depan laptop
Ilustrasi cemas akibat infromasi virus corona (Shutterstock)

3. Terhubung dengan keluarga

Manfaatkan krisis virus corona ini untuk lebih dekat dengan keluarga dan teman. Bahkan kalau tak bisa mengunjungi mereka, Anda masih dapat berbicara di telepon atau melalui panggilan video.

Ini akan membuat suasana hati Anda ringan dan membantu mengatasi stres dan kecemasan.

4. Lakukan beberapa latihan pernapasan

Berlatih napas bisa membuat Anda rileks dan mencegah kecemasan. Lakukan ini setiap hari dan kapan pun Anda merasa panik. Ini akan memperlambat detak jantung dan membuat Anda tenang.

5. Tetap sibuk

Lakukan apapun yang bisa mengalihkan perhatian Anda dari informasi mengenai virus corona baru ini. Selain menjaga kesehatan mental, Anda juga secara tak langsung menjaga kebugaran tubuh.

Terkait

Terkini