Info

Mulut Kering Tanda Infeksi Virus Corona Covid-19, Benarkah?

Selain demam tinggi dan batuk, mulut kering juga diduga sebagai tanda infeksi virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi bibir kering, mulut kering. (Shutterstock)
Ilustrasi bibir kering, mulut kering. (Shutterstock)

Himedik.com - Gejala paling umum infeksi virus corona Covid-19 adalah demam tinggi, batuk kering dan sesak napas. Tetapi, sekarang ini mulut kering juga diduga tanda-tanda infeksi virus corona Covid-19.

Menurut NHS dilansir dari The Sun, mulut kering bukan suatu pertanda kondisi yang serius. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang memiliki mulut kering.

Adapun faktornya termasuk bernapas melalui mulut di malam hari, minum ibat-obatan tertentu, kecemasan atau perawatan kanker. Selain itu, mulut kering juga bisa terjadi akibat dehidrasi, yang bisa jadi akibat sakit.

Jika Anda mengalami mulut kering yang diserta demam tinggi dan batuk, Anda disarankan tetap tinggal di rumah selama 7 hari setelah gejala dimulai.

Jika Anda tinggal bersama orang lain, Anda perlu mengisolasi diri sendiri di ruang khusus dan orang yang tinggal satu rumah juga tidak boleh bepergian selama 14 hari.

Ilustrasi mulut kering (Shutterstock)
Ilustrasi mulut kering (Shutterstock)

Sedangkan, bagi Anda yang mengalami mulut kering tanpa gejala virus corona Covid-19, Anda tak perlu khawatir karena itu mungkin tak ada hubungannya dengan infeksi virus corona Covid-19.

NHS telah menguraikan sejumlah metode untuk mengatasi mulut kering, termasuk minum banyak air sepanjang hari dan selalu menyimpan air minum di samping tempat tidur ketika malam hari.

Anda juga disarankan untuk mengisap es batu untuk mengatasi mulut kering. Selain itu, mengunyah permen karet bebas gula atau mengisap permen bebas gula juga bisa mencegah mulut kering.

Adapun gejala umum infeksi virus corona Covid-19 yang perlu diwaspadai adalah batuk kering bersisten, demam tinggi, batuk yang memburuk setiap harinya hingga sesak napas.

Jika mengalami salah satu gejala virus corona Covid-19 di atas, Anda perlu mengarantina diri agar tidak menularkan virus ke orang lain.

Berita Terkait

Berita Terkini