Info

Nenek 102 Tahun Sembuh dari Covid-19, Gaya Hidup Sehat Berkontribusi Besar!

Nenek Grondano menjalani perawatan medis untuk virus corona Covid-19 dan sempat gagal jantung ringan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Lansia. (pixabay/stevepb)
Lansia. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Seorang nenek usia 102 tahun asal Italia dijuluki "The Immortal", sebab ia berhasil sembuh dari Covid-19 setelah menjalani perawatan medis selama 20 hari di rumah sakit.

Mulanya, nenek bernama Italica Grondano ini dilarikan ke rumah sakit San Martino Genoa karena positif terinfeksi virus corona Covid-19 pada awal Maret 2020.

Ketika tiba di rumah sakit, nenek Grondano menjalani perawatan medis untuk virus corona Covid-19 dan gagal jantung ringan.

"Dia hanya mengalami beberapa gejala ringan virus corona Covid-19 dan hasilnya positif. Lalu kami hanya melakukan perawatan medis sedikit dan sembuh sendiri," kata Dokter Vera Sicbaldi dikutip dari Daily Star.

Tim medis pun cukup terkejut melihat proses pemulihan nenek Italica yang cukup cepat. Karena itu, dokter memberinya julukan "The Immortal" karena berhasil pulih dari virus corona Covid-19 dengan cepat.

Ilustrasi rapid test virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi rapid test virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Apalagi usia nenek Italica sudah sangat tua, yang termasuk kelompok orang paling rentan terinfeksi dan mengalami kefatalan akibat virus corona Covid-19.

Tetapi, dokter juga menduga bahwa nenek usia 102 tahun itu mungkin salah satu pasien yang selamat dari pandemi Flu Spanyol pada 1918 silam.

"Kami mendapat sampel serologis, ia adalah pasien pertama yang kami ketahui mungkin pernah mengalami flu Spanyol 1918, karena ia lahir pada 1917," kata Scibaldi.

Renato Villa Grondano, keponakan nenek Italica Grondano juga mengatakan bahwa gaya hidup bibinya itu yang mungkin membuatnya mampu melawan virus.

Selama ini, nenek Italica senang menari dan mendengarkan musik. Salah satu musik favoritnya adalah yang dibawakan oleh penyakit Queen Freddy Mercury.

"Saya tidak tahu rahasia hidup sehatnya, tetapi saya tahu bahwa ia adalah wanita yang bebas dan mandiri," katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini