Info

Hindari 2 Bahan Ini pada Sabun Cuci Tangan, Bisa Lemahkan Kekebalan Tubuh!

Sabun cuci tangan dengan dua bahan kimia tertentu bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)

Himedik.com - Ahli kesehatan telah menyarankan semua orang untuk teratur mencuci tangan demi mencegah penularan virus corona Covid-19. Tetapi, ada beberapa sabun cuci tangan antiseptik yang justru melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Dokter Diana Gall, seorang dokter dari layanan kesehatan online Doctor 4-U dari Inggris, mengatakan ada dua bahan dalam beberapa sabun antiseptik yang perlu dihindari. Dia bahan itu adalah triclosan dan triclocarban yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

"Mencuci tangan sangat baik untuk mencagah penularan virus corona Covid-19. Tetapi, agen antibakteri dan antijamur tertentu yang terkandung dalam beberapa produk sabun antiseptik memiliki efek buruk pada sistem kekebalan tubuh," kata Diana Gall dikutip dari Metro.

Karena itu, Diana Gall menyarankan orang-orang untuk menghindari sabun cuci tangan antiseptik yang mengandung triclosan dan triclocarban.

Diana Gall mengatakan bahan kimia buatan manusia yang sangat kuat ini bisa mengelupas kulit dan menghilangkan bakteri baik yang berfungsi melindungi tubuh kita. Kondisi inilah yang disebut melemahkan kekebalan tubuh.

Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)

Triclosan dan triclocarban adalah antimikroba yang dikembangkan pada 1960 untuk menargetkan pertumbuhan bakteri. Umumnya, antimikroba ini ditemukan dalam produk sabun, deterjen dan pasta gigi.

Lalu tahun 2016, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) melarang penjualan sabun cuci tangan antibakteri yang mengandung kedua bahan kimia tersebut.

Meski begitu, beberapa produk sabun cuci tangan masih mengandung triclosan dan triclocarban. Karena itu, Diana Gall menyarakan masyarakat untuk memeriksa kandungan dalam sabun cuci tangan sebelum membelinya.

"Walaupun bahan-bahan dalam sabun cuci tangan ini tidak mematikan. Tetapi, penggunaannya setiap hari bisa menghancurkan pertahanan tubuh kita. Sehingga kita akan lebih berisiko tertular virus corona Covid-19," jelasnya.

Jika sabun cuci tangan Anda mengandung kedua bahan kimia tersebut, Anda tetap harus mencuci tangan secara teratur. Terutama Anda harus mencuci tangan sebelum dan setelah meninggalkan rumah, sebelum dan setelah makan serta setelah menyentuh permukaan benda apapun.

Karena, cuci tangan tertaur adalah cara terbaik untuk menghindari diri tertular virus corona Covid-19. Selain itu, menjaga diri agar tidak panik juga bermanfaat bagi kita untuk tetap waspada dan menjaga kebersihan.

Berita Terkait

Berita Terkini