Info

Hand Sanitizer Gel dan Spray, Mana yang Lebih Efektif Cegah Virus Corona?

Dari semua jenis hand sanitizer, bentuk gel dan spray lebih banyak digunakan di Indonesia. Tapi mana yang lebih efektif?

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Hand sanitizer. (Elenathewise/Getty Images)
Hand sanitizer. (Elenathewise/Getty Images)

Himedik.com - Sejak virus corona baru menjadi pandemi global, hand sanitizer menjadi salah satu barang 'mewah'. Hampir semua masyarakat membutuhkannya.

Selain mencuci tangan, hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60% disebut dapat membunuh kuman yang berada di tangan.

Ada berbagai jenis hand sanitizer, dan yang paling banyak digunakan umumnya berjenis gel dan spray.

Tapi, dari kedua jenis ini, apakah memiliki kefektifan yang sama?

Dilansir dari Clean Link yang mewawancarai beberapa produsen produk antiseptik, semua bentuk pembersih tangan jika mengandung antara 60% hingga 95% alkohol masih berpotensi efektif dalam membunuh kuman.

"Semua jenis pembersih efektif, tetapi beberapa lebih mudah digunakan dan lebih nyaman daripada yang lain," jelas seorang wakil presiden pemasaran di Kutol Products Company, Bob Bernet.

Ilustrasi Anak Pakai Hand Sanitizer. (Shutterstock)
Ilustrasi Anak Pakai Hand Sanitizer. (Shutterstock)

Hal ini juga dibenarkan oleh seorang Associate Brand Manager di Henkel Consumer Goods, Inc., Ronald Lewis. Menurutnya, gel mudah digunakan dan biasanya merupakan opsi yang paling murah.

"Pembersih tangan semprot mungkin agak boros, karena mungkin akan melewatkan beberapa bagian di tangan atau menguap di udara," ujar Lewis.

Sedangkan kepala pemasaran di STOKO Skin Care, Lori Huffman, antiseptik berbentuk gel memberikan cakupan terbaik dan terlengkap untuk kulit.

Ilustrasi hand sanitizer. [Shutterstock]
Ilustrasi hand sanitizer. [Shutterstock]

"(Orang) dapat menggunakannya sesuai dosis dan dapat diaplikasikan secara mudah di telapak tangan sampai Anda menggosok tangan dan meratakan pembersih ke semua bagian tangan Anda." katanya.

Jadi, intinya hal yang harus diperhatikan adalah bahwa cairan antiseptik yang Anda gunakan harus mengandung alkohol. Biasanya alkohol ini juga mengandung isopropil alkohol, etanol (etil alkohol) atau n-propanol. Namun, pakar kesehatan masih menekankan bahwa mencuci tangan menggunakan sabun merupakan cara terbaik menghilangkan kuman, terutama virus corona baru.

Berita Terkait

Berita Terkini