Info

Cegah Virus Corona Covid-19, Ayo Penderita Diabetes Ikuti 5 Langkah Ini!

Pnederita diabetes termasuk orang dalam kelompok yang rentan terinfeksi dan mengalami komplikasi parah akibat virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi diabetes - (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi diabetes - (Pixabay/stevepb)

Himedik.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengingatkan bahwa perempuan hamil, manula dan orang dengan penderita penyakit kronis adalah kelompok yang rentan terinfeksi virus corona Covid-19. Dalam hal ini, penderita diabetes juga termasuk kelompok yang rentan dan wajib mengikuti 5 langkah pencegahan virus corona Covid-19.

Karena itu, ahli kesehatan menyarankan semua orang untuk tetap berada di dalam rumah, terutama kelompok orang yang paling rentan terinfeksi.

Tetapi dilansir dari Egyptindependent.com, ada hal yang perlu diketahui bagi penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 dalam upaya melindungi dirinya dari virus corona Covid-19, yakni:

  1. Koordinasi dengan dokter atau pusat medis mengenai pengawasan dan perawatan pasien diabetes.
  2. Carilah informasi tentang cara mengontrol kadar gula darah selama masa isolasi diri di rumah.
  3. Pantau kadar gula darah di rumah secara teratur.
  4. Pastikan obat-obatan yang dibutuhkan sudah tersedia di rumah untuk jangka waktu lama, meskipun apotek masih buka hingga malam.
  5. Ikuti diet sehat dan tetap olahraga ringan di dalam rumah.

Penderita diabetes juga harus memerhatikan kualitas tidur dan aktivitas fisiknya. Karena, kedua hal itu sangat ampuh melindungi diri dari virus corona Covid-19.

Sebenarnya dilansir oleh diabetes.org, belum ada data yang cukup untuk menunjukkan orang dengan diabetes lebih mungkin terinfeksi virus corona Covid-19.

Ilustrasi diabetes (shutterstock)
Ilustrasi diabetes (shutterstock)

Tetapi, orang dengan diabetes lebih mungkin mengalami komplikasi serius akibat virus corona Covid-19. Secara umum, penderita diabetes cenderung mengalami gejala dan komplikasi yang parah ketika terinfeksi virus.

Risiko penderita mengalami kesakitan akibat corona Covid-19 lebih rendah, jika bisa mengelola kadar gula darah dengan baik.

Saat penderita tidak mengelola diabetes dengan baik dan gula darah meningkat, maka mereka berisiko mengalami komplikasi yang berhubungan dengan diabetes.

Bahkan penyakit lain di luar diabetes juga bisa memperburuk tingkat keparahan Anda ketika terinfeksi virus corona Covid-19, seperti kemampuan tubuh melawan infeksi akan terganggu.

Infeksi virus juga bisa meningkatkan peradangan atau pembengkakan internal pada penderita diabetes. Kondisi ini disebabkan oleh gula darah yang meningkat dan keduanya berkontribusi pada komplikasi parah.

Berita Terkait

Berita Terkini