Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Kamis, 02 Juli 2020

Selain Berjemur, Sumber Vitamin D Alami Bisa Didapat dari Makanan Ini

Makanan yang kaya akan vitamin D ini mudah ditemukan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Buah sumber vitamin dan mineral. (pixabay)
Buah sumber vitamin dan mineral. (pixabay)

Himedik.com - Di tengah wabah virus corona Covid-19, banyak orang jadi rajin berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D secara alami. Banyak orang memercayai, vitamin D bisa membantu mencegah virus corona Covid-19.

Namun faktanya, vitamin D tidak bisa membantu seseorang terhindar dari penularan virus corona Covid-19. Vitamin D hanya bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang agar tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu, vitamin D juga meningkatkan fungsi paru-paru, kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang, dan mencegah perkembangan kanker.

Vitamin D adalah nurisi yang tidak dapat dibuat oleh tubuh, sehingga seseorang bisa mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari dan asupan makanan tertentu.

Berikut ini dilansir oleh Healthline, makanan yang kaya akan vitamin D:

Selain Berjemur, Sumber Vitamin D Alami Bisa Didapat dari Makanan Ini - 1
vitamin D (shutterstock)

1. Ikan salmon

Salmon adalah ikan berlemak yang kaya kandungan vitamin D. Menurut United States Department of Agriculture (USDA), sekitar 3,5 ons salmon mengandung 526 IU vitamin D.

Salmon yang ditangkap liar mengandung sekitar 988 IU vitamin D per 100 gram. Sedangkan, ikan salmon yang diternak rata-rata mengandung 250 IU vitamin D.

2. Ikan sarden

Ikan sarden yang biasa dikemas dalam bentuk kalengan juga merupakan sumber vitamin D alami. Ikan sarden ini memiliki 177 IU vitamin D per 3,8 ons. Jadi, Anda bisa mengonsumsinya bila kekurangan vitamin D.

3. Kuning telur

Selain ikan laut, telur juga merupakan makanan bergizi tinggi. Bila putih telur mengandung banyak protein, kuning telur justru menyimpan banyak vitamin, mineral, dan lemak.

Satu kuning telur sudah mengandung 37 IU vitamin D. Kadar vitamin D dalam kuning telur juga tergantung pada paparan sinar matahari dan kandungan vitamin D dalam pakan ayam.

Jika ayam dipelihara di padang rumput atau dibiarkan berkeliaran di bawah sinar matahari, maka ayam akan menghasilkan telur dengan tingkat vitamin 3-4 kali lebih tinggi.

Ilustrasi Telur (Pixabay/emirkrasnic)
Ilustrasi Telur (Pixabay/emirkrasnic)

4. Jamur

Jamur juga termasuk makanan yang mengandung banyak vitamin D. Seperti halnya manusia, jamur juga bisa mensintesis vitamin D ketika terkena sinar UV matahari.

Namun, jamur menghasilkan jenis vitamin D2. Sedangkan, hewan menghasilkan jenis vitamin D3. Meskipun vitamin D2 membantu meningkatkan kadar vitamin D dalam darah, tapi vitamin D2 tidak seefektif vitamin D3.

5. Susu sapi

Susu sapi adalah minuman yang kaya nutrisi, termasuk kalsium, fosfor, dan riboflavin. Susu sapi juga diperkaya vitamin D yang biasanya mengandung sekitar 115-130 IU per 237 ml.

Terkait

Terkini