Info

Sering Cuci Tangan Bikin Kulit Kering, Ini 5 Tips agar Tetap Lembap

Rajin mencuci tangan di tengah pandemi corona ini penting, tapi sayangnya juga membuat kulit tangan kering.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi tangan (Unplash/Milada Vigerova)
Ilustrasi tangan (Unplash/Milada Vigerova)

Himedik.com - Para ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mendorong semua orang untuk sering mencuci tangan dalam condisi pandemi virus corona.

“Baik itu pandemi corona yang meningkat dengan cepat atau apa pun, mencuci tangan adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penularan infeksi” kata Dr. Adam Friedman, profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan George Washington pada Healthline.

Sayangnya terlalu sering cuci tangan menurut Friedman juga akan membuat tangan kering. Oleh karena itu berikut beberapa tips agar tangan tidak mudah kering saat harus sering cuci tagan.

1. Cuci dengan air hangat

Daniela Kroshinsky, direktur dermatologi anak dan dermatologi rawat inap di Rumah Sakit Umum Massachusetts, mengatakan untuk mencuci tangan setidaknya 20 detik dengan sabun dan air.

Dia juga menungkapkan pada Healthline, bahwa air hangat adalah yang terbaik daripada panas. "Air yang sangat panas pada akhirnya akan mengeringkan kulit," kata Kroshinsky.

Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)

Lucy Xu, spesialis kulit dan pendiri London Premier Laser and Clinics Skin, setuju dengan pendapat Kroshinsky. Ia mencatat bahwa air panas akan mengelupas kulit tangan dari kandungan minyak alami.

"Jadi kalau bisa, gunakan air hangat dengan banyak sabun," tambahnya.

2. Gunakan yang Melembabkan

Karena banyak sabun dapat mengupaskan kulit, menyebabkannya kering, dan pecah-pecah, Xu mengatakan untuk mencuci tangan dengan sabun yang melembabkan.

“Misalnya, sabun dengan konsistensi krim. Anda juga harus memperhatikan sabun dengan bahan-bahan seperti gliserin dan lanolin. Juga, cobalah untuk menghindari sabun batangan,” kata Xu kepada Healthline.

Renée Rouleau, ahli perawatan kulit dan ahli kecantikan juga menyarankan untuk tidak menggunakan sabun batangan.

"Pengikat yang menyatukan sabun batang secara alami memiliki pH tinggi yang akan menyebabkan kekeringan kulit. Pilih sabun cair karena tidak terlalu membuat kulit kering” kata Rouleau kepada Healthline.

Berita Terkait

Berita Terkini