Info

Punya Gejala Mirip, Ketahui Beda Covid-19 dengan Flu, Pilek dan Alergi

Gejala corona Covid-19 yang lebih umum dan terkadang parah adalah demam, batuk dan sesak napas.

Yasinta Rahmawati

Flu. (pixabay)
Flu. (pixabay)

Himedik.com - Pandemi corona Covid-19 menimbulkan ketakutan berlebihan di beberapa orang. Misalnya saja, saat merasa tenggorokan gatal atau hidung tersumbat, langsung mengaitkannya dengan gejala corona.

Padahal itu belum tentu. Bisa saja gejala tersebut adalah tanda alergi, pilek biasa ataupun flu. Lantas bagaimana cara membedakannya dengan Covid-19?

Dilansir dari Health.harvard.edu, berikut perbedaan antara Covid-19, flu, pilek dan alergi.

1. Covid-19
Gejala corona Covid-19 yang lebih umum dan terkadang parah adalah demam, batuk, dan sesak napas. Dua gejala umum tambahan adalah kelelahan dan kehilangan nafsu makan.

Dalam kasus lain, orang mungkin mengalami diare, mual atau muntah. Beberapa orang juga melaporkan hilangnya indra penciuman dan perasa.

Bahkan, sejumlah besar orang bisa tidak mengalami gejala namun terkena Covid-19. Biasanya gejala muncul dalam waktu lima hari setelah terpapar, tetapi bisa memakan waktu hingga 14 hari.

Jika Anda merasakan gejala atau baru saja bepergian dan melakukan kontak dengan PDP maupun ODP corona Covid-19, ada baiknya menghubungi klinik kesehatan terdekat, Terlebih jika gejalatersebut makin buruk.

Ilustrasi apa itu Virus Corona Covid-19, gejala, inkubasi dan pencegahannya. (Shutterstock)
Ilustrasi apa itu Virus Corona Covid-19, gejala, inkubasi dan pencegahannya. (Shutterstock)

2. Alergi
Orang dengan alergi sering memiliki mata gatal, hidung gatal, dan bersin. Serta gejala alergi yang kurang spesifik seperti pilek, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan atau batuk yang umumnya disebabkan oleh tetesan postnasal (lendir yang mengalir dari bagian belakang hidung ke tenggorokan).

3. Pilek biasa
Gejala flu biasa biasanya pilek, hidung tersumbat serta sakit tenggorokan, sakit kepala, dan umumnya merasa tidak enak badan. Batuk ringan karena tetesan postnasal dan bersin dapat terjadi, tetapi kemungkinan gatalnya kecil.

Gejala yang lebih parah, seperti demam dan sesak napas, bukanlah gejala klasik pilek biasa.

Ilustrasi menderita flu, pilek dan batuk. (Shutterstock)
Ilustrasi menderita flu, pilek dan batuk. (Shutterstock)

4. Flu
Ditandai dengan demam, kedinginan, nyeri otot, dan kelelahan. Gejala yang lebih ringan juga dapat terjadi, mirip dengan pilek biasa, seperti bersin, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.

Muntah dan diare jarang terjadi pada orang dewasa, tetapi dapat terjadi pada anak-anak.

Meski gejalanya mirip, Covid-19 lebih cenderung menyebabkan sesak napas dan gejala pernapasan lainnya ketimbang flu. Gejala flu biasanya cenderung lebih cepat muncul yaitu antara 1 sampai 3 hari.

Berita Terkait

Berita Terkini