Info

5 Tips Tidur Tenang saat Pandemi Virus Corona

Pandemi corona Covid-19 bagaimanapun juga bisa memengaruhi mental sampai mengganggu ketenangan tidur, begini cara mengatasinya.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi lelaki dengan gangguan tidur atau insomnia. (Shutterstock)
Ilustrasi lelaki dengan gangguan tidur atau insomnia. (Shutterstock)

Himedik.com - Merasa stres akibat pandemi Covid-19 sering kali membuat seseorang kurang tidur yang menyebabkan kelelahan. Oleh karena itu, berikut HiMedik rangkum tips tidur tenang dari beberapa ahli yang dilansir dari The Independent.

1. Batasi berita dan penggunaan hp sebelum tidur

Menurut Dr. Nerina Ramlakhan, ahli terapi tidur menyatakan bahwa menonton atau baca berita sebelum tidur bukan merupakan hal yang baik. "Kabar buruk akan menyalakan sistem saraf simpatik. Hal tersebut akan menempatkan kita ke dalam keadaan sangat rentan dan tetap terjaga," kata Dr. Ramlakhan.

Sementara menggunakan ponsel atau menyalakan layar akan merangsang pikiran, sehingga sulit untuk istirahat.

"Menggunakan smartphone dan komputer layar terang sebelum tidur akan merangsang pikiran Anda, membuatnya lebih sulit untuk bersantai dan tertidur," kata Max Kirsten, ahli hipnoterapi dan pendiri The Sleep Coach.

2. Buat catatan tentang kekhawatiran Anda

Sebelum tidur, Dr Sophie Bostock, seorang ahli tidur dan pendiri The Sleep Scientist menyarankan Anda untuk menumpahkan kekhawatiran pada selembar kertas.

"Ketika ada begitu banyak hal yang terjadi, beberapa kekhawatiran tidak bisa dihindari, coba tulis kekhawatiran Anda mungkin selama 15 hingga 20 menit setiap sore," kata Dr. Bostock.

Ilustrasi tidur (shutterstock)
Ilustrasi tidur (shutterstock)

3. Mengatur pernapasan

Bangun di malam hari adalah hal normal, namun jika terlalu sering maka Dr. Ramlakhan menyarankan Anda berbaring di tempat tidur dan mengatur pernapasan.

"Atur napas Anda secara perlahan sambil membisikkan kata-kata 'masuk' dan 'keluar' untuk membuat Anda kembali tidur," kata Dr. Ramlakhan.

Dr. Ramlakhan menambahkan bahwa teknik pernapasan optimalnya dapat membantu kembali tidur, tetap tenang di bawah tekanan dan memfokuskan energi.

4. Relaksasi

Menurut Dr. Bostock, relaksasi adalah keterampilan mematikan respons stres, baik secara fisik maupun mental dan membantu Anda rileks.

Ia merekomendasikan untuk mencoba segala sesuatu mulai dari meditasi dan relaksasi otot hingga melakukan pernapasan dalam atau mandi air panas.

Stretching sebelum tidur, ilustrasi tidur, tidur. (Shutterstock)
Stretching sebelum tidur, ilustrasi tidur, tidur. (Shutterstock)

5. Buat kebiasaan baru

Saat terjebak di rumah karena pandemi, Dr Ramlakhan mengatakan untuk mrmbuat rutinitas baru, seperti berolahraga, menyiapkan sarapan yang bergizi, nonton tayangan menghibur, hingga bebaskan diri teknologi.

"Jika Anda bangun, berolahraga, makan dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, tujuh hari seminggu, tubuh Anda dapat mengantisipasi rencana Anda, dan semua sistem tubuh akan bekerja secara sinkron satu sama lain," jelas Dr. Bostock.

"Rutinitas rutin juga sangat baik untuk mengurangi kecemasan," tambahnya.

Berita Terkait

Berita Terkini