Info

Sering Disepelekan, Begini Gejala Ringan Covid-19 yang Bisa Parah

Orang dengan kasus Covid-19 ringan sering kali disalahartikan sebagai orang yang tidak perlu dirawat di rumah sakit.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Kasus Covid-19 ringan sering kali lebih buruk daripada pilek atau flu, sehingga tidak perlu banyak tindakan. Padahal orang dengan Covid-19 bisa lama kelamaan menjadi lebih buruk dari yang diperkiraan.

Melansir dari Business Insider, kasus gejala ringan Covid-19 sering kali lebih buruk daripada pilek atau flu yang biasanya ditandai dengan demam dan batuk kering selama dua minggu.

Penderita Covid-19 ringan juga masih mungkin mengalami beberapa gejala lain, seperti cairan di paru-paru, sesak napas, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan dan gejala gastrointestinal.

Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata, masa inkubasi virus adalah sekitar lima hari. Hampir 98 persen pasien mengalami gejala dalam 11,5 hari, meskipun sekitar 1 persen mulai menunjukkan gejala setelah 14 hari.

Batuk, seorang pria keluarkan sebagian paru-parunya. (Shutterstock)
Batuk, seorang pria keluarkan sebagian paru-parunya. (Shutterstock)

Dalam beberapa hari setelah gejala muncul, mereka yang terinfeksi dapat mengalami sesak napas dan sakit kepala. Sekitar 40 persen paru-paru pasien mulai memproduksi cairan.

Jika Anda mengalami gejala Covid-19, Anda harus menghubungi dokter sebelum pergi ke klinik atau rumah sakit. Dokter kemudian dapat mengarahkan Anda tentang apakah akan diuji dan merekomendasikan obat-obatan yang dijual bebas.

Penting juga untuk mengisolasi diri, beristirahat dan minum banyak cairan.

Berikut adalah tahapan infeksi virus corona dari hari ke hari menurut CDC China:

  • Hari 1: Pasien demam. Mereka juga mungkin mengalami kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Sebagian kecil mungkin mengalami diare atau mual satu atau dua hari sebelumnya.
  • Hari 5: pasien mungkin mengalami kesulitan bernapas, terutama jika mereka lebih tua atau menderita penyakit tertentu.
  • Hari 7: Ini adalah berapa lama (gejala muncul), rata-rata, sebelum pasien dirawat di rumah sakit.
  • Hari 8: Pada titik ini, pasien dengan kasus yang parah mengembangkan sindrom gangguan pernapasan akut, penyakit yang menyebabkan adanya cairan di paru-paru. Seringkali ini berakibat fatal.
  • Hari 10: Jika pasien memiliki gejala yang memburuk, ini adalah waktu di mana penyakit berkembang dan kemungkinan pasien harus dirawat di ICU. Pasien juga mungkin mengalami sakit perut dan kehilangan nafsu makan daripada pasien dengan kasus yang lebih ringan.
  • Hari 17: Rata-rata orang yang sembuh dari virus dipulangkan dari rumah sakit setelah dua setengah minggu.

Berita Terkait

Berita Terkini