Info

Agar Asam Lambung Tak Naik saat Puasa, Ikuti Aturan Makan dan Minum Ini!

Bagi penderita asam lambung tentu butuh persiapan lebih dan pola makan lebih ketat agar tidak kumat ketika menjalani ibadah puasa Ramadan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi sakit asam lambung. (shutterstock)
Ilustrasi sakit asam lambung. (shutterstock)

Himedik.com - Sebentar lagi seluruh umat muslim di seluruh dunia akan menyambut Bulan Ramadan 2020. Saat bulan Ramadan ini, seluruh umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa.

Tapi, umat muslim yang memiliki penyakit gastritis, maag peptikum (PUD) dan asam lambung mungkin butuh persiapan yang lebih banyak untuk menjalankan ibadah puasa nanti.

Seperti yang Anda ketahui, perut kosong bisa meningkatkan asam lambung, memperburuk maag dan gastritis. Sehingga ada beberapa hal yang perlu dicermati penderita selama bulan buasa.

Dilansir dari The Star, gastritis adalah radang selaput lambung. Sedangkan, maag peptikum adalah pelanggaran permukaan mukosa saluran pencernaan akibat ketidakseimbangan antara sekresi asam lambung dan mekanisme perlindungan saluran pencernaan.

Penyebab kedua penyakit itu sama, yakni infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) yang menempati dinding lambung.

Karena itu, orang dengan masalah lambung perlu makan dalam porsi yang lebih kecil tapi sering selama puasa. Misalnya, mulailah makan kurma dan makanan ringan ketika buka puasa. Lalu, konsumsi makanan berat sebelum shalat tarawih.

Ilustrasi pengidap asam lambung (Shutterstock)
Ilustrasi pengidap asam lambung (Shutterstock)

Selanjutnya, orang dengan masalah lambung juga perlu berhenti makan 3-4 jam sebelum tidur untuk memberikan sistem pencernaan waktu istirahat yang cukup.

Makanan yang harus dihindari

Hindari konsumsi makanan yang digoreng dan buah-buahan asam seperti jeruk dan produk berbasis tomat.

Selain itu, hindari pula makanan pedas dan kalengan. Karena, makanan kalengan dengan umur simpan panjang biasanya mengandung bahan kimia, termasuk pangawet. Kandungan itu bisa memperburuk penyakit Anda.

Jangan mengonsumsi makanan yang terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan, minuman berkafein serta hindari makan berlebihan saat buka puasa dan sahur.

Makanan yang harus dikonsumsi

Karbohidrat atau makanan yang lambat dicerna akan membuat Anda lebih berenergi ketika menjalani ibadah puasa. Karena, makanan ini lebih bertahan lama di lambung.

Selain itu, konsumsi kurma yang merupakan sumber gula, serat, karbohidrat, kaliumdan magnesium. Begitu pula almond yang kaya protein dan serat.

Anda juga bisa mengonsumsi buah pisang selama puasa karena itu sumber karbohidrat, kalium dan magnesium baik. Berbeda dengan jeruk yang kaya vitamin tapi bisa memperburuk penyakit Anda saat puasa.

Ilustrasi kurma. (Pixabay/Rawpixel)
Ilustrasi kurma. (Pixabay/Rawpixel)

Minuman yang harus dikonsumsi

Minumlah lebih banyak air putih, jus buah non-asam dan minuman yang mengandung kalium sketika buka puasa dan sebelum tidur. Tujuannya, tubuh bisa menyesuaikan kadar cairan yang dibutuhkan selama puasa.

Selain itu, Anda juga bisa minum segelas susu segar selama sahur karena ini membantu orang dengan gastritis dan maag menjalani ibadah puasa.

Berita Terkait

Berita Terkini