Info

Tak Cuma Lezat, Ini 6 Manfaat Jus Kurma yang Perlu Anda Tahu

Jus kurma jadi pilihan menarik untuk Anda mengonsumsi buah kurma dalam bentuk baru.

Yasinta Rahmawati

Ilustras jus kurma. (Unsplash)
Ilustras jus kurma. (Unsplash)

Himedik.com - Sebentar lagi, umat muslim dunia akan menyambut datangnya Bulan Ramadan 2020. Tentu saja, Ramadan identik dengan buah legit nan manis, yakni kurma.

Jika Anda bosan mengonsumsi kurma secara langsung, membuatnya menjadi jus bisa menjadi pilihan.

Jus kurma dibuat dengan mencampur kurma yang sudah direndam sebelumnya dengan air atau susu. Karena tinggi gula alami, jus kurma cukup manis rasanya.

Manfaat jus kurma pun sarat dengan kebaikan alami. Ia cukup kaya akan zat besi, folat, kalsium, magnesium, fosfor, seng dan vitamin kunci lainnya seperti B1, B2, B3 dan C.

Namun perlu diingat, tingginya fruktosa, glukosa dan sukrosa dalam jus kurma membuatnya tidak cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Dirangkum dari Styles at Life, marik simak manfaat jus kurma dan kebaikannya untuk kesehatan!

Menu Berbuka Puasa - Jus Kurma
Menu Berbuka Puasa - Jus Kurma

1. Merangsang ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal
Untuk ibu hamil yang berharap melahirkan normal, jus kurma memiliki beberapa keuntungan. Mengonsumsi jus kurma pada bulan terakhir kehamilan akan membantu dalam kontraksi otot-otot rahim. Kurma memiliki beberapa enzim yang memiliki fungsi yang sama dengan oksitosin pada wanita.

2. Penambah berat badan alami
Tingginya kadar gula dan karbohidrat menjadikan jus kurma pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin menambah berat badan. Seiring dengan membantu Anda menambah berat badan, jus kurma juga dapat membuat Anda sehat dengan manfaat nutrisi yang luar biasa.

3. Mengatasi sembelit
Ada kualitas pencahar dalam jus kurma yang membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk membawa regulasi dalam buang air besar dan membuatnya lebih mudah untuk buang air besar. Segelas jus kurma segar setiap hari memastikan bahwa Anda memiliki obat yang lengkap untuk sembelit.

Ilustrasi kurma. (Pixabay/Rawpixel)
Ilustrasi kurma. (Pixabay/Rawpixel)

4. Menurunkan kolesterol buruk
LDL juga dikenal sebagai kolesterol jahat adalah salah satu alasan utama untuk masalah jantung dan stroke. Jus kurma adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi LDL dalam tubuh melalui kandungan serat makanan dalam minuman. Ini membantu menjaga tubuh dan jantung sehat serta kolesterol menjauh.

5. Memperkuat tulang dan gigi
Kalsium, tembaga, mangan dan magnesium adalah beberapa mineral yang terdapat dalam jus kurma. Ini membantu menjaga tulang serta gigi kuat. Ini juga menambah manfaat dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang baik untuk tulang dan gigi Anda.

6. Membantu mencegah kanker
Ada antioksidan dalam jus kurma yang membantu menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan kanker. Ini membantu dalam pencegahan penyakit secara tepat.

Berita Terkait

Berita Terkini