Info

Lebih Baik Hindari Minum Teh atau Kopi saat Sahur, Ini Alasannya!

Sebaiknya hindari minuman manis dan berkafein saat sahur.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi minum teh (Pixabay/Raychan)
Ilustrasi minum teh (Pixabay/Raychan)

Himedik.com - Sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan puasa Ramadan 2020. Selama bulan ini, beberapa orang tentu memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu saat sahur.

Sahur termasuk penting, karena dari sahur lah kita mendapat energi dalam menjalankan ibadah puasa.

Menurut ahli diet klinis di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi, Rahma Ali, makanan saat sahur dan berbuka puasa harus seimbang dan mengandung nutrisi.

"Puasa selama bulan Ramadan dapat meningkatkan kesehatan seseorang, tetapi hanya jika dilakukan dengan cara yang benar. Jika tidak, itu dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan," katanya, dikutip dari Thenational.ae.

"Sahur juga harus sehat untuk menyediakan energi yang cukup untuk bertahan selama jam-jam puasa yang panjang. Penting bahwa makanan yang dikonsumsi membuat Anda tetap terhidrasi, jadi perhatikan baik-baik pemilihan makanan selama sahur," sambungnya.

Ilustrasi sahur (shutterstock)
Ilustrasi sahur (shutterstock)

Salah satu minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak saat sahur adalah teh dan kopi. Sebab, kedua jenis minuman ini mengandung kafein yang justru akan meningkatkan rasa haus.

Dilansir NDTV, minuman manis dapat dicerna secara cepat dan bisa membuat Anda merasa lapar lebih cepat.

Jadi, minuman yang sebaiknya dikonsumsi adalah air putih. Tetapi juga jangan terlalu banyak, sebab dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

Geeta Buryok, kepala ahli nutrisi di Max Healthcare, India, menyarankan untuk mengonsumsi air kelapa karena sumber elektrolitnya yang bagus untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Berita Terkait

Berita Terkini