Info

Jangan Sampai Kekurangan Vitamin B12, Efeknya Bikin Tidak Produktif

Kekurangan Vitamin B12 bisa menyebabkan mati rasa, kelelahan, linglung, dan lain sebagainya.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Sumber vitamin B12. (medicalnewstoday)
Sumber vitamin B12. (medicalnewstoday)

Himedik.com - Vitamin B12 diperlukan untuk tubuh karena berhubungan dengan saraf yang sehat. Selain itu, vitamin B12 juga membuat Anda tetap sehat dan mendukung produksi DNA, sel darah merah, serta menjaga fungsi otak normal.

Dikutip dari Healthline, vitamin B12 diserap di perut dengan bantuan protein yang disebut faktor intrinsik. Zat ini mengikat molekul vitamin B12 dan memfasilitasi penyerapannya ke dalam darah dan sel-sel Anda.

Anda mungkin mengalami kekurangan vitamin B12 jika tubuh Anda tidak menghasilkan faktor intrinsik yang cukup atau jika Anda tidak makan cukup makanan kaya vitamin B12.

Berikut adalah beberapa tanda kekurang vitamin B12 yang dirangkum dari WebMD yang sangat mungkin mengganggu produktivitas Anda.

1. Mati Rasa

Kekurangan B12 dapat merusak selubung pelindung yang menutupi saraf Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengalami mati rasa di tangan, kaki, dan beberapa bagian lain.

2. Merasa Lebih Dingin dari Biasanya

Tanpa B12 yang cukup, Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk memindahkan oksigen ke seluruh tubuh (anemia). Itu bisa membuat Anda menggigil dan kedinginan, terutama di tangan dan kaki.

Jangan Sampai Kekurangan Vitamin B12, Efeknya Bikin Tidak Produktif - 1

3. Masalah Otak

Kurangnya B12 dapat menyebabkan depresi, linglung, masalah memori, dan demensia. Itu juga bisa memengaruhi keseimbangan Anda.

Suplemen B12 biasanya aman. Untuk orang dewasa, dokter merekomendasikan 2,4 mikrogram sehari. Jika Anda mengambil lebih dari yang Anda butuhkan, tubuh Anda mengeluarkan sisanya melalui kencing. Meski begitu, dosis tinggi dapat memiliki beberapa efek samping, seperti pusing, sakit kepala, gelisah, mual, dan muntah.

Ilustrasi lelah dan lemah. (Unsplash)
Ilustrasi lelah dan lemah. (Unsplash)

4. Lemah

Saat kekurangan vitamin B12, otot-otot Anda mungkin terasa lemah. Anda juga mungkin merasa lelah atau pusing.

5. Palpitasi Jantung

Palpitasi jantung terjadi saat tiba-tiba jantung berdetak kencang. Anda mungkin merasakannya di tenggorokan atau leher Anda.

Dilansir dari Healthline, vitamin B12 tidak diproduksi secara alami dari tubuh, sehingga asupan sangat berpengaruh. Anda bisa mendapatkan lebih banyak vitamin B12 dari ayam, telur, dan ikan. Tetapi salah satu sumber terbaik sejauh ini adalah hati sapi.

Vitamin B12 dapat ditemukan dalam produk hewani, terutama produk daging dan susu.

Berita Terkait

Berita Terkini