Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Kamis, 02 Juli 2020

Virus Corona Covid-19 Rentan pada Pasien Darah Tinggi, Ini Cara Hadapinya!

Orang dengan tekanan darah tinggi perlu berhati-hati selama pandemi virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi cek tekanan darah. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi cek tekanan darah. (pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Ahli kesehatan telah mengatakan orang dengan riwayat penyakit bawaan, seperti tekanan darah tinggi termasuk golongan berisiko terinfeksi virus corona Covid-19. Orang dengan darah tinggi juga berisiko mengalami gejala parah hingga komplikasi.

Karena itu dilansir oleh The Sun, dokter mendesak orang dengan tekanan darah tinggi untuk berhati-hati selama pandemi virus corona Covid-19.

Data dari China dan Italia pun mengungkapkan bahwa ada risiko infeksi virus corona Covid-19 yang lebih tinggi dan komplikasi parah pada pasien tekanan darah tinggi.

Di China sendiri, sebanyak 25 hingga 50 persen pasien corona Covid-19 yang datang di rumah sakit memiliki tekanan darah tinggi atau kondisi kesehatan lain, seperti kanker, diabetes dan penyakit paru-paru.

Di Italia sendiri, lebih dari 99 persen orang meninggal karena virus corona Covid-19 disertai kondisi medis lain. Sebanyak 76 persen dari pasien yang meninggal dunia memiliki tekanan darah tinggi.

Orang dengan tekanan darah tinggi juga lebih kecil kemungkinannya meninggal akibat virus corona Covid-19 dengan risiko sekitar 6 persen lebih tinggi daripada populasi umum.

Virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalannya yang lebih lemah untuk melawan virus corona Covid-19. Dengan begitu, Anda yang memiliki tekanan darah tinggi perlu melakukan beberapa langkah demi melindungi diri.

Langkah-langkah ini sangat penti bagi orang yang berusia 70 tahun ke atas dan memiliki penyakit kronis lainnya.

1. Pantau tekanan darah berkala

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, penting untuk memantau kadar tekanan darah di rumah secara berkala. Tekanan darah ideal harus berada di bawah 120 dan di atas 80 (120/80).

Angka yang lebih tinggi adalah tekanan sistolik, yang merupakan kekuatan jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Adapun angka yang lebih rendah disebut tekanan diastolik, yang resistensi terhadap aliran darah di pembuluh darah.

2. Tetap di rumah

Orang yang memiliki masalah kesehatan bawaan, termasuk tekanan darah tinggi direkomendasikan tetap berada di rumah untuk mencegah infeksi virus corona Covud-19. Kecuali, kepentingan mendesak yang harus pergi keluar rumah.

Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]
Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]

3. Sering mencuci tangan

Ahli kesehatan telah mengatakan cuci tangan adalah cara paling efektif mencegah penularan virus corona Covid-19. Bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi dan kondisi lainnya perlu mencuci tangan pakai air dan sabun 20 detik secara teratur.

4. Mengurangi stres

Stres bisa menekan sistem kekebalan tubuh sehingga orang lebih rentan terinfeksi virus. Karena, stres menyebabkan pelepasan hormon kortisol yang meningkatkan peradangan tubuh.

Dr Jenna Macciochi, ahli imunologi terkemuka di Inggris juga mengatakan stres salah satu penyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak seimbang dan lebih rentan terinfeksi virus. Karena itu, sangat penting untuk melatih pernapasan demi mengurangi stres.

5. Mengisolasi diri bila tak sehat

Jika Anda merasa tidak sehat atau mengalami gejala virus corona Covid-19, Anda harus tetap tinggal di dalam rumah selama 7 hari.

Bila Anda tinggal di dalam rumah bersama anggota keluarga lain, maka mereka juga perlu mengisolasi diri atau tidak boleh keluar rumah selama 14 hari.

Terkait

Terkini